Apa Itu Jet Lag? Tips Seputar Gejala dan Atasi Jet Lag

Kompas.com - 04/01/2020, 16:15 WIB
Ilustrasi tidur di pesawat. Ilustrasi tidur di pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu sering bepergian menggunakan pesawat, mungkin kamu pernah mengalami jet lag saat sampai di tempat tujuan. Hal tersebut tersebut tidak nyaman.

Jet lag merupakan sebuah gangguan tidur yang disebabkan karena perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat dengan melalui zona waktu yang berbeda. Biasanya, seseorang akan mengalami jet lag jika melakukan perjalanan hingga 13 jam atau lebih.

Menurut Psikolog Ratih Ibrahim, gejala jet lag pada umumnya yaitu mengantuk pada siang hari, tidak bisa tidur di malam hari, dan baru bisa tidur menjelang dini hari.

Hal tersebut karena ritme tubuh masih mengikuti kebiasaan di tempat sebelumnya.

Baca juga: 5 Makanan untuk Meminimalkan Jet Lag

Sementara itu, Direktur RSU Menteng Mitra Afia, Dokter Enrico Adhitya Rinaldi mengungkapkan, jet lag tidak memiliki perbedaan antara orang dewasa dan anak-anak.

Menurutnya, semua orang yang mengalami jet lag akan sama-sama mengalami rasa lelah yang yang membuat seseorang mengantuk, sehingga bisa membuat merasa terganggu.

Terlebih lagi ketika dalam kondisi mereka mengantuk dan sudah seharusnya tertidur lelap, namun ketika sampai di tempat tujuan, tempat tersebut masih berada dalam waktu siang hari.

Namun, jet lag sangat terlihat di anak-anak. Ratih menuturkan, kondisi anak-anak akan terlihat lebih tampak lelahnya. Mereka juga rentan lebih rewel.

"Kecuali anaknya benar-benar sehat dan anaknya memang anak yang riang gembira," kata Ratih saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X