Kompas.com - 05/01/2020, 06:46 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Prau yang berlokasi di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo akan ditutup mulai 6 Januari 2020 sampai 3 April 2020. 

"Pendakian masih diperbolehkan terakhir Sabtu (4/1/2020). Pada jam 00.00 WIB tanggal 6 Januari, sudah steril tidak ada pendaki di Gunung Prau," kata Ahmad ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/1/2020) sore.

Adapun penutupan jalur pendakian berlaku untuk semua jalur yang ada di Gunung Prau.

Ahmad mengatakan, penutupan dilakukan dengan mempertimbangkan lima alasan, di antaranya faktor cuaca, pemulihan ekosistem, perbaikan jalur, reboisasi atau penghijauan perawatan, dan pembersihan dari sampah.

Baca juga: 8 Hal yang Bakal Ditemui di Jalur Pendakian Gunung Prau via Dworowati

"Faktor cuaca itu pada bulan-bulan penutupan kondisi cuaca tidak terlalu ideal untuk kegiatan pendakian. Kedua, pemulihan ekosistem baik flora dan fauna. Ketiga, perbaikan jalur itu setiap tahunnya rutin dilaksanakan, perbaikan jalur guna keselamatan dan keamanan pendaki," lanjutnya.

Pertimbangan keempat adalah perihal reboisasi atau penghijauan serta perawatan bibit pohon endemik Gunung Prau yang ditanam rutin setiap tahun.

Kelima, pembersihan dari sisa-sisa sampah yang ditinggalkan pendaki.

Ahmad tak memungkiri masih banyak pendaki yang meninggalkan sisa sampah di Gunung Prau. Hal ini yang nantinya akan dilakukan pembersihan oleh seluruh tim basecamp di masing-masing jalur.

Ahmad melanjutkan, ia bersama tim berharap agar seluruh pendaki, pegiat alam, dan wisatawan dapat memaklumi pemberitahuan penutupan jalur pendakian tersebut.

"Keputusan sudah dimusyawarahkan tim basecamp semua jalur. Jadi harap dimaklumi, pendakian ditunda dulu," ujarnya.

Pada Sabtu (4/1/2020), Gunung Prau dengan ketinggian 2.565 mdpl dikunjungi 450 orang pendaki. 

Baca juga: Indahnya Sabana dan Dataran Tinggi Dieng dari Gunung Prau

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.