Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup hingga Akhir Maret 2020

Kompas.com - 05/01/2020, 10:46 WIB
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANTaman Nasional Gunung Gede Pangrango


JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan wisata pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ditutup selama tiga bulan sejak 31 Desember 2019 hingga 31 Maret 2020.

Penutupan ini dalam rangka pemulihan ekosistem, kegiatan operasi bersih, dan mengantisipasi cuaca ekstrem.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (30/12/2019) mengatakan para calon pendaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango diharapkan dapat mematuhi peraturan ini.

"Ditutup semua untuk jalur pendakian, tidak boleh ada yang mendaki sampai akhir Maret 2020," kata Operator Halo Gede Pangrango, Ade ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (30/12/2019).

Baca juga: Menikmati Kesejukan Gunung Gede

Oleh karena ditutupnya Gunung Gede dan Pangrango, ia menyarankan alternatif kunjungan wisata lainnya di sekitaran area TNGGP.

"Alternatifnya hanya kunjungan rekreasi air terjun saja. Hanya satu atau dua jam kunjungan, dan itu tergantung cuaca juga," lanjutnya.

Dalam rilis, juga dikatakan, bagi calon pendaki yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian pelayanan pendakian Balai Besar TNGGP di antaranya telepon kantor khusus pendakian (0263) 519415, Fanspage Facebook @bookingtnggp, Instagram @tn_pendakiangedepangrango, email booking@gedepangrango.org, dan WhatsApp di nomor 0263 519415 (hanya pesan teks saja).

Penutupan Gunung Gede Pangrango hingga akhir Maret 2020 menambah daftar gunung di Indonesia yang ditutup pada awal tahun ini.

Selain Gunung Gede Pangrango, sejumlah gunung lain seperti Gunung Semeru, Gunung Lawu, Gunung Prau, dan Gunung Rinjani juga ditutup untuk pendakian.

Baca juga: Sempat Banjir, Pendakian Gunung Rinjani Ditutup hingga 31 Maret 2020

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X