Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di Australia, Simak Lokasi Wisata yang Terkena Dampak

Kompas.com - 05/01/2020, 14:46 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Australia mengalami kebakaran hutan parah di beberapa lokasi.

Pihak berwenang di daerah kebakaran hutan Australia mendeklarasikan status State of Emergency (kondisi darurat), menutup jalan serta melakukan evakuasi warga.

Dilansir dari media asal Inggris Independent, ada beberapa daerah di Australia yang terkena dampak serius dari kebakaran hutan.

Baca juga: Kebakaran Hutan Australia, 24 Orang Tewas dan 2.000 Rumah Hancur

Saat ini fokus kebakaran hutan berada di jalur pantai selatan Teluk Bateman (Bateman's Bay) di New South Wales. Ini adalah kota yang berlokasi di perbatasan negara bagian Victoria.

Dari Sydney ke Teluk Bateman berjarak 355 kilometer atau sekitar empat jam perjalanan darat.

Area bahaya, dampak dari kebakaran hutan juga meluas ke perbatasan Victoria dan Taman Nasional Kosciuszko. Taman nasional ini mencakup gunung tertinggi Australia, Kosciuszko dengan ketinggian 2.228 meter.

Normalnya taman nasional ini merupakan tempat wisata populer bagi wisatawan lokal dan luar negeri. Saat ini semua wisatawan diminta keluar dari kawasan Taman Nasional Kosciuszko.

Tasmania dengan pulau yang terpisah dari Australia juga mengalami kebakaran hutan,  dengan lokasi kebakaran dekat ibu kota Hobart.

Baca juga: Akibat Kebakaran Hutan, Setengah Populasi Koala di Pulau Australia Ini Mati

Warga dan wisatawan yang berada di Australia Selatan serta sebagian Australia Barat telah diperingatkan akan kondisi ekstrem dampak dari kebakaran hutan, Jumat (3/1/2020).

Sedangkan di Queensland yang terkenal sebagai destinasi andalan Australia relatif tidak terdampak akan kebakaran hutan sampai saat ini.

UK FOreign Office (Kantor Luar Negeri Inggris) mengimbau bagi wisatawan Inggris yang berada dan akan ke Australia untuk terus memantau berita di media, sosial media. Ikuti instruksi serta saran pihak berwenang setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com