Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara untuk Lebih Cepat Melalui Proses Masuk Pesawat

Kompas.com - 05/01/2020, 19:09 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Rencana liburan kadang-kadang harus tersendat karena kendala saat menuju bandara. Pada umumnya kamu harus sampai di bandara minimal dua jam untuk penerbangan internasional dan satu jam untuk penerbangan dalam negeri.

Sampai di bandara kamu masih harus melakukan berbagai hal, seperti check-in, mengantre untuk pemeriksaan, dan keperluan lain contohnya ke toilet.

Berikut ini beberapa tips dari Smarter Travel untuk dapat menghemat waktu di bandara dan masuk ke pesawat tepat waktu. Mulai berangkat dari rumah hingga duduk di kursi pesawat :

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Memesan Harga Tiket Pesawat Domestik dan Hotel Paling Murah


1. Cek status penerbangan

Persiapan untuk terbang sudah harus dimulai sejak 24 jam sebelum penerbangan. Kamu harus mengecek selalu status penerbangan. Sebagian besar maskapai penerbangan akan mengirimkan jadwal pembaruan status penerbangan.

Baca juga: 7 Fasilitas Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk Mudahkan Penumpang

Terkadang jadwal harus dipindahkan ke waktu tertentu dan penerbangan juga bisa dibatalkan. Pihak maskapai penerbangan akan memberi kabar untuk calon penumpang jika terjadi perubahan jadwal penerbangan.

Maka dari itu selalu cek e-mail, sms yang masuk ke nomormu dan siap sedia jika menerima telepon resmi dari pihak maskapai penerbangan. Jadi periksa status penerbangan lebih sering dan lebih awal.

2. Jangan lupa Check In online

Fasilitas check-in online dapat dilakukan oleh penumpang yang tidak memanfaatkan fasilitas bagasi terdaftar.

Penumpang dapat menghemat banyak waktu jika melakukan check-in online.
Untuk melakukan check-in online kamu dapat mengunjungi situs resmi dari maskapai penerbangan yang akan ditumpangi. Bisa juga melalui aplikasi booking online tempatmu membeli tiket.

Calon penumpang harus melakukan check-in online beberapa jam sebelum waktu keberangkatan (tergantung peraturan maskapai). Jika lewat batas waktu tersebut maka kamu harus check-in mandiri di mesin atau loket check-in jika waktunya memungkinkan.

3. Cek tempat parkir

Bagi kamu yang datang ke bandara dengan mengunakan kendaraan pribadi, kamu perlu mengecek seputar tempat parkir kendaraanmu.

Kamu harus mengetahui lebih dulu di mana harus parkir, lot yang terbuka, dan seberapa jauh dari terminal tujuanmu. Kamu bisa memeriksa harga inap di dalam bandara untuk mobil atau motor.

Baca juga: 4 Hal Soal Parkir Inap di Bandara Soetta, dari Lokasi hingga Tarif

Jika ingin parkir inap di bandara, biasakan untuk meluangkan waktu lebih banyak, jangan datang terlalu mepet dengan jam penerbangan.

Hal ini bertujuan agar bisa terhindar dari sibuknya mencari parkir di bandara. Beberapa bandara menambahkan pembaruan status parkir ke situs web mereka, selain itu juga bisa mendapat informasi dari telepon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com