Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 06/01/2020, 07:30 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kabupaten Natuna yang jadi salah satu pulau terluar Indonesia ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang memesona.

Kendati wisata bahari yang menyuguhkan berbagai pantai cantik jadi kekuatan utama Kepulauan Natuna, daerah tersebut ternyata memiliki sejumlah tempat wisata lain yang menarik.

Baca juga: Jingga Bertemu Biru di Natuna

Dilansir situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, berikut ini tempat wisata di Natuna yang wajib kamu kunjungi.

1. Masjid Raya Natuna

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

#masjidrayanatuna #dji #mytripmyadventure #sonimtechnologies #cameraman #onduty #indonesiaku ##???? #mdplindonesia??????????????

Sebuah kiriman dibagikan oleh JUN [CAMERAMAN] (@jungarmont_) pada 23 Jul 2017 jam 11:01 PDT

Masjid Raya ini jadi ikon bagi Kabupaten Natuna. Bentuknya besar dengan luas keseluruhan mencapai 5.500 m2 dan bisa menampung hingga 5000 orang.

Masjid ini terletak di Ranai, ibukota Natuna. Sekilas, kamu pasti akan merasa bahwa masjid ini punya kemiripan dengan Taj Mahal di India.

Didominasi warna hijau dan kuning telur, masjid ini punya empat menara dengan ketinggian masing-masing 17 meter. Selain itu, desain masjid ini juga cukup unik dengan adanya lubang angin yang membuat suhu udara tetap sejuk.

Pintu masuk ke masjid ini cukup besar, dibelah dengan taman dan sungai sepanjang 1,2 km.

Baca juga: Perjalanan di Pulau Natuna, Pulau Terdepan Negeri

2. Batu Madu

Terletak di desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Batu Madu bisa ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Ranai yang merupakan ibukota Kabupaten Natuna.

Batu Madu memiliki pemandangan pantai yang indah dengan banyak pulau kecil yang terdiri dari bebatuan granit besar.

Lebih enak jika berkunjung ke Batu Madu kala air laut sedang surut. Pasalnya, kamu akan bisa melihat hamparan pantai yang luas juga bebatuan granit yang terlihat jelas.

Di tempat wisata ini, dilengkapi juga dengan berbagai warung yang menyediakan makanan khas Natuna, toilet, area parkir, serta tempat penyewaan berbagai macam wahana permainan air.

3. Pantai Cemaga

Keindahan Pantai Cemaga, Kabupaten Natuna, Kepulauan RiauDok. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Keindahan Pantai Cemaga, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau
Bentangan Pantai Cemaga bisa mencapai radius 5km dari bibir pantai hingga tepian batas air. Seperti halnya pantai lain di Natuna, terdapat juga banyak batuan besar.

Tidak itu saja, airnya juga jernih dan perairan yang tenang bisa jadi tempat yang cocok untuk melakukan banyak aktivitas mulai dari berenang, snorkeling, dan lain-lain.

Jarak Pantai Cemaga dari Ranai adalah sekitar 23km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sayangnya, tidak ada penginapan yang tersedia di pantai ini sehingga bagi kamu yang ingin menginap harus tinggal di rumah warga sekitar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com