Amankah Berkunjung ke Ancol Saat Pasang Maksimum Pesisir Jakut?

Kompas.com - 06/01/2020, 13:06 WIB
Suasana di Pantai Beach Pool, Ancol pada H+3 Lebaran atau Senin (18/6/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSuasana di Pantai Beach Pool, Ancol pada H+3 Lebaran atau Senin (18/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengungkapkan bahwa akan terjadi pasang maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara pada pekan depan.

Dengan adanya hal tersebut, Manajemen Ancol Taman Impian telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi sehingga wisatawan bisa tetap berkunjung.

Pihak pengelola secara rutin melakukan pembersihan sampah di seluruh saluran air yang berada di kawasan Ancol. Selain itu, pengelola juga membersihkan rumah pompa (chamber).

Mereka juga telah menyiapkan sebanyak 26 rumah pompa air yang masih berfungsi dengan baik.

Baca juga: Saat Berwisata Terkena Banjir, Lakukan Hal Ini

“Manajemen Ancol telah menyiapkan 26 rumah pompa air (chamber) yang dilengkapi dengan 48 unit pompa dengan kapasitas buang 447,1 m3/menit. Saat ini kondisinya semua (pompa) berfungsi dengan baik,” kata Head of Corporate Communication Ancol Rika Lestari saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/1/2020).

Pihak tempat wisata tersebut juga bekerja sama dengan seluruh pengelola pintu air yang berada di kawasan Ancol Taman Impian. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa setiap saat memantau level air demi mengantisipasi naiknya debit volume air.

Tidak hanya memonitor volume air akibat banjir kiriman dari hulu, tetapi juga dari pasang tinggi air laut.

“Pengunjung tidak perlu khawatir untuk berekreasi ke Ancol. Jangan lupa bekali dengan payung atau jas hujan agar aktivitas rekreasi tetap nyaman,” kata Rika.

Terkait dengan acara Music Special Symphony Of The Sea yang digelar di Floating Stage Pantai Festival Ancol, Rika mengatakan bahwa acara pada 11 Januari 2020 diharapkan tetap berjalan dengan normal.

Seperti yang diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengungkapkan bahwa akan terjadi pasang maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara pada pekan depan.

Baca juga: Pekan Depan Laut Pasang Maksimum, Bagaimana Potensi Banjir Rob?

Untuk pesisir Jakarta Utara sendiri, BMKG mengatakan bahwa laut pasang maksimum akan terjadi pada 9 – 11 Januari 2020 antara pukul 10:00 – 11:00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X