Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eloknya Matahari Terbit di Pulau Kojadoi, Sikka Flores

Kompas.com - 06/01/2020, 18:03 WIB
Nansianus Taris,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com-Mengisi liburan tahun baru 2020, banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara cukup antusias mengunjugi Pulau Kojadoi, di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. 

Mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke Pulau Kojadoi ini merupakan pilihan yang tepat. Banyak spot wisata yang menarik di pulau mungil itu yakni Jembatan Batu, Bukit Batu Purba, dan alam bawah laut yang eksotis.

Di balik itu semua, ada momen yang sangat dirindukan setiap kali wisatawan mengunjungi Pulau Kojadoi yakni memandangi sunrise atau matahari terbit.

Tidak sedikit wisatawan yang rela nginap di Kojadoi hanya untuk menikmati momen matahari terbit di pagi hari. 

Seperti yang disaksikan Kompas.com, Kamis (2/1/2019). Belasan wisatawan yang menginap di pulau itu rela bangun pagi, tepat pukul 05.00 Wita. 

Baca juga: Kampung di Atas Awan, Kampung Lembah Wajur di Flores

Mereka bahkan terburu-buru bangun agar tak ketinggalan momen matahari terbit di ufuk timur Pulau Flores. 

Pagi-pagi wisatawan keluar dari homestay dan mendaki ke Bukit Purba. Di atas bukit inilah tempat terbaik menyaksikan dan mengabadikan pemandangan matahari terbit di Pulau Kojadoi. 

Suasana pagi di pulau ini memang sangat hening dan damai. Tidak ada suara bising seperti layaknya di kota. Suara yang terdengar hanyalah riuhnya ombak, bisikan burung, dan ayam berkokok.

Lima belas menit berselang, semburat cahaya sudah mulai muncul dan membuat orang-orang semakin tak sabar menyaksikan matahari terbit hingga tampak bulat sempurna. 

Baca juga: Liburan ke Flores, Cobalah Mampir ke Air Terjun Ngabatata

Pelan-pelan sang surya menampakkan dirinya. Wisatawan siaga menyiapkan kamera dan tripod untuk mengabadikan moment itu. 

Foto : Para wisatawan menikmati sensasi sunrise di atas bukit purba pulau Kojadoi, Kabupaten Sikka, Flores, NTT, Kamis (2/1/2019).KOMPAS.COM/NANSIANUS TARIS Foto : Para wisatawan menikmati sensasi sunrise di atas bukit purba pulau Kojadoi, Kabupaten Sikka, Flores, NTT, Kamis (2/1/2019).

Sekira pukul 05.30 Wita matahari pun menunjukkan dirinya secara sempurna. Belasan wisatawan yang tengah menanti di atas bukit itu pun mulai selfie dengan berbagai macam gaya dengan latar belakang sunrise. 

Berbagai angle foto pun diabadikan. Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa, bisa menyaksikan matahari terbit secara sempurna di Pulau Kojadoi ini. 

"Meski hanya 30 menit, tetapi luar biasa loh bisa mendapatkan momen sunrise di sini. Sungguh luar biasa indahnya. Inginya lebih lama lagi di sini, supaya bisa nikmati sunrise terus," ungkap Atiq Mea, pengunjung asal Maumere kepada Kompas.com, Kamis (2/1/2019) pagi.

Usai menikmati sunrise di atas bukit purba, ada wisatawan yang langsung menyeruput kopi dan teh hangat yang dijual warga setempat. Ada pula yang memilih menceburkan diri ke air laut. Berenang merasakan segarnya air laut berbalut hangat mentari pagi. 

Baca juga: Wisata Flores, Indahnya Sunset di Pulau Mules

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com