Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contek Jokowi Makan Durian di Jawa Tengah, Ini Rekomendasi Tempatnya

Kompas.com - 07/01/2020, 07:34 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir 2019 Presiden Joko Widodo dan rombongan mampir ke Kota Lama Semarang.

Dari video yang diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Senin (30/12/2019) tampak Presiden Joko Widodo bersama Ganjar Pranowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan rombongan lain asyik menikmati durian.

Baca juga: 5 Tips Memilih Durian dari Penjual Langsung, Tidak Lagi Galau Pilih Durian Enak

Durian tersebut dihadirkan langsung dari sentra durian di kawasan Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Semarang menyatakan jika dalam kunjungan rombongan Presiden disuguhkan hasil bumi terbaik dari Semarang.


"Kunjungan Bapak Presiden dan rombongan itu ke Kota Lama, kita sengaja memberi suguhan durian Semarang," jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Hernowo Budi Luhur, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (06/01/2020).

Baca juga: 4 Oleh-oleh Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

Hernowo mengatakan Semarang memiliki beberapa kebun durian unggulan, seperti Agro Purwosari dan Argo Cempoko. Kebun tersebut berlokasi di Gunung Pati dan Gunung Mijen.

Kedua lokasi itu menjadi tempat favorit bagi para pecinta durian untuk memburu si raja buah itu.

Argo Wisata Purwosari di Kecamatan Wijen terkenal akan jenis durian monthong. Sementara Kebun Plalangan Kecamatan Gunung Pati memiliki jenis durian Musangking, bawor (lokal Banyumas), durian matahari, kumbokarno, duri hitam, dan kuning tembaga.

Selain itu juga ada banyak sekali ragam duruan lokal yang dikelola oleh para petani durian.

Antara lain durian ketan, durian permata, durian mutiara hebat dan durian kholil di Kecamatan Mijen, durian malika, durian gojien dan durian tojien.

"Kebun yang dikelola Dinas Pertanian Kota Semarang diantaranya Agro Cepoko di Kecamatan Gunungpati dan Agro Purwosari Kecamatan Mijen," jelas Hernowo.

Baca juga: Semangat Literasi dalam Pasar Buku Keliling Nusantara di Semarang

Jika ingin menikmati durian hasil dari perorangan bisa mengunjungi Agro Durian H. Jauhari Wonolopo di Kecamatan Mijen. Ada pula Agro Watu Simbar Kecamatan Gunungpati.

Waktu yang tepat untuk menikmati durian-durian di kawasan Semarang ini adalah bulan November, Desember sampai awal Januari. Harga durian berkisar Rp 125.000 hingga Rp 200.000 per butir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com