Seekor Ikan Tuna di Jepang Laku Dijual Rp 25 Miliar

Kompas.com - 07/01/2020, 11:12 WIB
Kiyoshi Kimura berhasil membeli ikan tuna sirip biru dengan harga 193 juta yen. Dok. CNN InternasionalKiyoshi Kimura berhasil membeli ikan tuna sirip biru dengan harga 193 juta yen.

KOMPAS.com - Seekor ikan tuna sirip biru dengan bobot 276 kilogram laku terjual dengan harga 193 juta yen atau setara Rp 25 miliar.

Kiyoshi Kimura atau disebut Tuna King, disebut juga Raja Sushi adalah pembeli ikan tuna dengan harga fantastis tersebut.

Kimura membeli ikan tuna tersebut saat lelang tahun baru di Pasar Ikan Tokyo Toyosu, Minggu (5/1/2020).

"Iya ini memang mahal, benar kan? Namun kami mau pelanggan kami dapat menyantap ikan super enak ini untuk tahun ini," kata Kimura setelah memenangkan lelang ikan, dikutip dari CNN.

Baca juga: Tak Cuma Ramen dan Sushi, Ini 7 Makanan Khas Jepang Wajib Santap

Sebenarnya harga ikan tuna yang dibeli oleh Kimura bukanlah yang tertinggi. Pada 2019, seekor ikan tuna sirip biru laku terjual dengan harga 333,6 juta yen atau setara Rp 43 miliar.

Ikan tuna tersebut memiliki bobot 277 kilogram. Ikan tersebut diketahui ditangkap di perairan Prefektur Aomori.

Jenis ikan tuna sirip biru masuk dalam golongan ikan kualitas unggul. Ikan tuna sirip biru dapat hidup sampai usia 40 tahun.

Ikan ini bermigrasi ke seluruh samudra, dengan berat dapat mencapai 680 kilogram dan panjang tiga meter.

Daging ikan tuna sirip biru terkenal memiliki sebaran lemak (marbling) yang sempurna. Di Jepang ikan tuna sirip biru umumnya dapat disantap di restoran sushi atau sashimi mewah.

Tak heran, ikan tuna sirip biru banyak diburu. Saat ini ikan tuna sirip biru terancam punah.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Sushi dan Sashimi



Sumber CNN Travel
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X