Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Waktu Terbuang Sia-sia Saat Liburan, Kenapa?

Kompas.com - 07/01/2020, 22:30 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Liburan tak bisa dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, memanfaatkan waktu liburan semaksimal mungkin adalah hal penting, sehingga bisa dapat pengalaman berkesan.

Namun, dari studi baru terungkap, banyak orang justru membuang sia-sia waktu liburnya, sehingga tak ada pengalaman traveling berkesan.

Dilansir laman Fox News, sebuah studi yang ditugaskan Sykes Holiday Cottages itu mengungkapkan, dari tujuh hari liburan, rata-rata orang menghabiskan waktu 17,5 jam secara cuma-cuma.

Baca juga: 8 Tren Traveling Tahun 2020

Hal ini termasuk waktu yang dihabiskan untuk naik kendaraan, meneliti tempat untuk dikunjungi dan memikirkan pekerjaan.

Menurut penelitian, sekitar seperempat wisatawan mengaku terlalu banyak menghabiskan waktu untuk sekadar mencari tahu apa yang harus dilakukan.

Jumlah tersebut sama dengan orang yang mengaku menghabiskan lebih banyak waktu melakukan sesuatu yang bukan diri sendiri inginkan saat liburan. Dengan kata lain, saat liburan kita jutsru melakukan sesuatu yang orang lain inginkan.

Baca juga: Gaya Traveling Slow Travel dan JOMO Bakal Tren pada 2020, Apakah Itu?

Persentase tersebut hampir mirip dengan orang yang mengatakan rencana liburannya menyebabkan perselisihan dengan teman perjalanan.

Studi ini juga mengungkapkan, banyak orang menyalahkan ketidakmampuan untuk merencanakan liburan, karena padatnya jam kerja, pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak-anak.

Ada masalah lain yang menyebabkan "waktu terbuang" pada hari libur, seperti menghabiskan beberapa jam menunggu dalam antrean panjang di taman hiburan atau tempat wisata lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com