Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Candi Borobudur Tahun 2020: Sarapan hingga Peduli Budaya

Kompas.com - 08/01/2020, 09:40 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan.

Jika biasanya wisatawan hanya menikmati suasana candi dengan berfoto atau melihat stupa, kini wisatawan bisa mencoba dua paket wisata baru dari Candi Buddha terbesar di dunia.

Sekretaris PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari mengatakan wisatawan dapat mencoba dua paket wisata baru yang ada di Candi Borobudur, yaitu Paket Cinta Budaya dan Peduli Budaya, serta Borobudur Breakfast.

"Harganya untuk paket Cinta Budaya dan Peduli Budaya itu Rp 60.000 per orang dengan minimal 30 orang, terus Borobudur Breakfast itu dibagi lagi untuk wisatawan nusantara dan mancanegara harganya," kata Emilia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Catat, Harga Tiket Sunrise Borobudur Tahun 2020 Naik

Wisatawan yang memilih paket Cinta Budaya dan Peduli Budaya akan mendapatkan fasilitas berupa akses masuk melalui jalur khusus, Museum Borobudur dan menyaksikan pemutaran film tentang Candi Borobudur.

"Selain itu, ada juga jasa pemandu wisata, air mineral, dan berkeliling dengan menggunakan kereta taman," lanjutnya.

Sementara untuk paket Borobudur Breakfast, Emilia menguraikan harga paketnya berbeda-beda. Harga Borobudur Breakfast untuk wisatawan mancanegara terbagi atas tiga kategori usia: dewasa, anak, dan pelajar.

Baca juga: Tips Memotret Relief Candi Borobudur untuk Dapatkan Foto Terbaik

Wisatawan mancanegara dewasa dikenakan biaya Rp 500.000, anak Rp 250.000 usia tiga sampai 10 tahun, dan pelajar usia lebih dari 10 tahun sebesar Rp 400.000.

Sementara untuk harga paket wisata bagi wisatawan nusantara adalah dewasa Rp 370.000; anak Rp 185.000, usia tiga sampai 10 tahun; dan pelajar Rp 280.000, untuk usia lebih dari 10 tahun.

Wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas dalam paket Borobudur Breakfast seperti Borobudur Sunrise, belajar melukis batik, musik tradisional, kerajinan gerabah, dan mencicipi makanan tradisional.

"Wisatawan juga bisa sarapan di Manohara Restaurant," tambah Emilia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com