10 Kuliner Khas Tanjung Pinang yang Wajib Dicoba

Kompas.com - 08/01/2020, 12:55 WIB
Mie tarempa khas Anambas, Kepulauan Riau. KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIHMie tarempa khas Anambas, Kepulauan Riau.


TANJUNG PINANG, KOMPAS.com - Jalan-jalan ke Tanjung Pinang pasti rasanya tak lengkap jika tidak mencoba berbagai penganan khasnya.

Tanjung Pinang yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau dipengaruhi oleh budaya Melayu yang kental sehingga penganannya pun memiliki ciri khas Melayu yang kental.

Baca juga: Itinerary 4 Hari 3 Malam di Tanjung Pinang

Berikut ini beberapa kuliner khas Tanjung Pinang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.

1. Gonggong

Gonggong, makanan laut bernilai gizi tinggi.https://pesona.travel Gonggong, makanan laut bernilai gizi tinggi.
Gonggong adalah sejenis kerang yang hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera, khususnya di Tanjung Pinang. Bentuknya seperti siput, dengan cangkang berwarna putih.

Biasanya gonggong diolah hanya dengan cara direbus. Gonggong yang sudah matang lalu dimakan dengan dicocol ke sambal spesial.

Baca juga: Berita Foto: Menelusuri Warisan Budaya Orang Tiochiu di Tanjung Pinang

Rasa gonggong agak manis, dagingnya yang kenyal memberikan sensasi yang menarik. Saat memakan gonggong harus hati-hati.

Pasalnya terdapat sejenis kuku yang dijadikan alat kita mengambil daging gonggong dari cangkangnya. Kuku ini berbentuk seperti ekor udang, keras dan tidak bisa dimakan.

2. Otak-otak

Otak-otak Tanjung Pinang selain bisa dimakan langsung juga bisa dijadikan oleh-oleh. Rasanya unik, dengan warna sedikit merah memberikan sedikit rasa pedas dan gurih. Varian otak-otak ikan campur daging sotong jadi favorit.SYIFA NURI KHAIRUNNISA Otak-otak Tanjung Pinang selain bisa dimakan langsung juga bisa dijadikan oleh-oleh. Rasanya unik, dengan warna sedikit merah memberikan sedikit rasa pedas dan gurih. Varian otak-otak ikan campur daging sotong jadi favorit.

Otak-otak khas Tanjung Pinang berbeda dengan otak-otak lainnya. Memiliki tiga macam varian pada umumnya, yaitu otak-otak original dengan daging ikan saja, otak-otak pedas yang berwarna merah, dan otak-otak pedas dengan campuran daging sotong.

3. Bingke Kembang

Kue bingke kembang ini cukup unik, memiliki bentuk seperti bunga (kembang) yang kemudian dipotong segitiga layaknya kue. Warnanya hijau dengan wangi pandan yang cukup kuat.

Rasanya manis dan gurih, teksturnya sangat lembut cenderung seperti kue lumpur.

Baca juga: Akau Potong Lembu, Pilihan Kuliner Malam di Tanjung Pinang

4. Luti Gedang

Bentuknya seperti combro dan misro khas Sunda. Berwarna coklat dengan bentuk bulat lonjong. Luti gendang merupakan semacam roti yang diisi dengan abon ikan.

Rasanya nikmat, gurih dengan sedikit manis. Rotinya sangat lembut berpadu dengan gurihnya abon ikan yang cukup banyak di dalamnya.

Baca juga: Melihat Pembuatan Kecap Nomor 1 di Tanjung Pinang

Luti gendang bisa kamu temukan di hampir setiap warung makan di Tanjung Pinang. Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp 2.500 per buahnya.

Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh juga bisa, dengan membeli luti gendang yang belum digoreng. Jenis ini bisa kamu simpan sampai beberapa minggu di kulkas dan tidak akan basi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X