Kompas.com - 08/01/2020, 17:06 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Foto wisatawan yang duduk di stupa Candi Borobudur beredar luas di Twitter dan memancing pembicaraan netizen. 

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari, petugas dari Candi Borobudur sudah memberikan informasi akan ketentuan hal apa yang boleh dilakukan wisatawan di candi.

“Ketentuan tersebut disampaikan baik melalui penempatan informasi atau rambu-rambu, juga sebelum pengunjung masuk area candi itu petugas selalu menyampaikan langsung tentang prosedur kunjungan dan informasi tentang ketentuan pengunjung,” kata Emilia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Paket Wisata Candi Borobudur Tahun 2020: Sarapan hingga Peduli Budaya

Namun dengan adanya kejadian ulah wisatawan tersebut, Emilia mengaku akan terus mengingatkan kepada petugas untuk selalu menginformasikan pengunjung.

“Kami akan tingkatkan program yang dimaksud dilakukan dengan cara pemberian suatu edukasi kepada pengunjung melalui informasi tentang ketentuan dan prosedur kunjungan yang didapatkan sebelum naik ke candi,” ujarnya.

Sebagai informasi, TWC sudah memberlakukan ketentuan pengunjung berupa larangan menaiki atau memanjat, memegang stupa maupun bagian bangunan candi lainnya.

Ketentuan ini berlaku di semua candi yang dikelola oleh TWC yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

Baca juga: Kisah Cinta yang Tak Terekspos di Relief Candi Borobudur

Selain itu Emilia mengatakan ketentuan ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung saat berada di bangunan candi.

Sebelumnya, beredar foto wisatawan yang terlihat duduk dan memanjat bagian stupa Candi Borobudur. Foto itu diunggah oleh akun Twitter @Herrreza pada Rabu (1/1/2020).

Guys.. Jangan kayak gini ya. Biar gimana juga itu tempat suci saudara kita. Kaya ga punya kehormatan diri sampai2 ga bisa hormati tempat2 yg disucikan orang lain.” ucap @Herrreza dalam cuitannya.

Hingga berita ini diturunkan, postingan tersebut telah memperoleh 11 ribu Retweet dan 11 ribu Heart oleh netizen dan memancing lebih dari 400 komentar.

Baca juga: Catat, Harga Tiket Sunrise Borobudur Tahun 2020 Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.