Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lihat Aurora Borealis seperti Raffi dan Nagita? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 09/01/2020, 17:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Tourradar

KOMPAS.com - Tentunya melihat cahaya utara atau Aurora Borealis merupakan sebuah pengalaman tersendiri yang menakjubkan. Sebab, cahaya tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah keindahan alami yang tidak dapat ditandingi keajaibannya.

Meski begitu, ternyata melihat Aurora Borealis bujanlah hal yang mudah. Banyak orang yang tidak berhasil melihat Aurora Borealis meskipun sudah datang langsung ke negara tempat cahaya utara tampak.

Selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina termasuk beruntung karena dapat melihat langsung Aurora Borealis di Islandia. Pengalaman tersebut dibagikan lewat akun instagram mereka @raffinagita1717 pada Kamis (9/1/2020). 

Berikut tips melihat Aurora Borealis di Islandia seperti Raffi dan Nagita yang Kompas.com rangkum dari beberapa sumber:

Baca juga: Tengah Malam, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Akhirnya Lihat Aurora

1. Kunjungi Islandia pada September sampai April

Biasanya, langit antara bulan September hingga April akan lebih gelap dibandingkan pada bulan lain.

Tidak hanya itu, intensitas awan yang akan menutupi langit juga lebih sedikit daripada biasanya. Meskipun suhu akan lebih dingin, namun kamu bisa melihat Aurora Borealis lebih jelas pada September hingga April. 

Jika kamu berkunjung saat terjadi titik balik matahari di musim dingin pada bulan Desember, kamu bahkan akan memiliki kesempatan untuk melihat cahaya langit tersebut di siang hari.

Kamu harus ingat bahwa selama musim panas, Aurora Borealis akan sangat jarang terlihat. Maka dari itu, kamu memang harus menghabiskan waktu di cuaca yang sangat dingin sekali demi mendapatkan pengalaman menakjubkan.

2. Kunjungi Pedesaan, Jauhi Perkotaan

Sama seperti ketika kamu melihat bintang, kamu harus mencari tempat yang benar-benar gelap, bebas polusi cahaya jika ingin melihat aurora borealis.

Sebab, langit yang terkena polusi cahaya akan membuat aurora borealis sedikit redup, bahkan tidak terlihat sama sekali. Dengan begitu tentu pengalamanmu tidak akan menyenangkan.

Baca juga: Frozen II Terinspirasi 6 Tempat Indah di Islandia

Meski kamu bisa melihat sedikit cahaya langit tersebut dari Reykjavik, akan lebih baik jika kamu menuju ke pedesaan yang tentunya akan terdapat sedikit cahaya buatan manusia.

Salah satu tempat yang paling direkomendasikan adalah Pulau Grimsey. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan maskapai Air Iceland dari Reykjavik atau Akureyri.

Halaman:
Sumber Tourradar
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com