Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tempat Dekat Jakarta untuk Melihat Bunga Bangkai

Kompas.com - 09/01/2020, 19:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumat (3/1/2020) lalu, bunga bangkai baru saja mekar dengan sempurna di Kebun Raya Bogor. Bunga yang hanya tumbuh empat tahun sekali ini menarik perhatian masyarakat. Apalagi bunga bangkai juga terkenal langka dan puny abau yang khas.  

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Saat Melihat Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor

Jika kamu tinggal di dekat Jakarta, ada beberapa tempat untuk melihat bunga bangkai secara langsung.

Berikut daftar empat tempat untuk melihat bunga bangkai yang masih terbilang dekat dari Jakarta: 

1. Kebun Raya Bogor

Kebun botani yang terletak di Paledang, Kecamatan Bogor, Kota Bogor ini merupakan salah satu tempat wisata yang dikenal oleh masyarakat memiliki bunga bangkai.

Oleh karena itu, jika kamu berkunjung ke Kebun Raya Bogor beberapa jenis bunga bangkai yang dapat dilihat. Namun perlu dicatat bunga tidak mekar serentak.

Tidak hanya Amorphophallus titanium yang mekar Jumat (3/1/2020) lalu, tetapi jenis lain seperti Amorphophallus gigas juga ada di sana. Bunga ini mekar sempurna pada Oktober 2019.

Baca juga: Mengenal Bunga Bangkai Amorphophallus titanum yang Mekar di Kebun Raya Bogor...

Untuk melihat bunga bangkai tersebut, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Harga tersebut berlaku untuk setiap hari dan semua usia. Kebun Raya Bogor buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Kereta keliling berangkat dari depan wahana outbond untuk mengantarkan pengunjung menikmati suasana Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sabtu (15/2/2014). Layanan wisata itu kembali diluncurkan setelah renovasi kawasan dan peremajaan. KOMPAS/AMBROSIUS HARTO Kereta keliling berangkat dari depan wahana outbond untuk mengantarkan pengunjung menikmati suasana Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sabtu (15/2/2014). Layanan wisata itu kembali diluncurkan setelah renovasi kawasan dan peremajaan.

2. Taman Buah Mekarsari

Bunga Bangkai juga dapat dilihat di Taman Buah Mekarsari yang beralamat di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol. Di sana kamu juga bisa lihat bunga bangkai yang mirip dengan salah satu jenis yang ada di Kebun Raya Bogor yakni Amorphophallus titanum.

Hingga saat ini, bunga bangkai tersebut pernah mekar dengan sempurna hingga mencapai 2,3 meter pada November 2009. Sementara mekar terakhir pada Agustus 2019, ketinggian maksimal bunga tersebut hanya mencapai 153 sentimeter.

Baca juga: Bibit Durian Si Gundul Dibudidayakan di Taman Buah Mekarsari Bogor

Meskipun bunga tidak dapat dilihat lagi hingga tahun 2023, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan dan wisata kebun di sana.

Taman Buah Mekarsari buka mulai pukul 08.30 – 16.00 WIB dengan harga tiket beragam sesuai dengan wahana yang ingin kamu kunjungi. Jika kamu ingin bermain wahana kereta wisata dan bersepeda, kamu hanya perlu membayar Rp 50.000.

Sementara untuk wahana kereta dan wisata petualangan kebun, harga yang harus dibayar adalah Rp 92.000 dan sudah termasuk tiket masuk.

Jika kamu mengendarai mobil, kamu harus membayar Rp 20.000. Sementara untuk motor, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 saja. Namun jika kamu datang menggunakan bis, kamu harus membayar Rp 40.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com