Catat, Daerah yang Cocok Berburu Rambutan Manis..

Kompas.com - 10/01/2020, 11:50 WIB
Pedagang menunggu pembeli rambutan di Desa Paru, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, Aceh, Jumat (27/9/2019) KOMPAS.com/MASRIADI Pedagang menunggu pembeli rambutan di Desa Paru, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, Aceh, Jumat (27/9/2019)


JAKARTA, KOMPAS.com - Para penggemar rambutan kini tengah berbahagia. Pasalnya, pada awal tahun ini, musim rambutan telah tiba.

Pengemar rambutan dapat mulai berkeliling ke daerah-daerah yang terkenal sebagai penghasil rambutan dengan kualitas yang top.

Baca juga: Manisnya Rambutan Aceh Sepanjang Musim…

Pada dasarnya, rambutan tumbuh di daerah-daerah yang basah. Jika di Indonesia, rambutan akan mudah ditemui di kawasan Barat Nusantara. Semakin ke timur, rambutan akan jarang ditemukan.

"Jadi seperti di Sumatera, itu hampir banyak rambutan. Lalu Jawa Barat," jelas Prof. Dr. Sobir, Peneliti di Pusat Kajian Hortikulturan Tropika, saat dihubungi oleh Kompas.com, (9/1/2020).

Daerah Sumatera, misalnya, memiliki sejumlah rambutan unggulan, seperti Binjai dan Aceh. 

Baca juga: Rambutan Bisa Dimasak dengan Ayam atau Ikan, Simak Tipsnya

Kamu juga bisa mengunjungi Kabupaten Subang, Jawa Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati rambutan dengan jumlah melimpah.

Selain Kabupaten Subang, kamu bisa bergeser ke Ciamis. Rambutan di sana akan sangat melimpah ketika musimnya dan memiliki rasa yang manis. Kamu juga bisa mengunjugi Cianjur.

Prof. Sobir juga mengatakan jika di kawasan yang basah seperti itu sangat mudah untuk mencari rambutan.

"Kalau agak ke Timur juga ada, daerah Kendal juga banyak rambutan," jelas Sobir.

Baca juga: Menikmati Malam dan Legitnya Rambutan Binjai

Rambutan dapat ditemukan di pinggir jalan raya, atau di pasar-pasar. Saat kamu tengah berburu rambutan, tidak perlu takut kehabisan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X