Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Nikmat Barbeque Korea, Cukup Pakai Empat Bumbu Ini

Kompas.com - 10/01/2020, 17:02 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Barbeque ala Korea punya banyak penggemar. Hal yang membuat barbeque Korea terasa nikmat tentu saja dagingnya. Namun yang tak kalah penting adalah racikan bumbunya.

"Ada empat bumbu yang paling umum dipakai saat barbeque di Korea. Bisa dengan mudah dibeli di supermarket Korea," kata Executive Director Restoran Korea Chung Gi Wa, Kwang Won Lee, kepada Kompas.com di restorannya, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).

Untuk daging sendiri, menurut Kwang Won Lee orang korea jarang merendam daging dengan bumbu. Cukup daging segar, dipanggang, dan dicocol bumbu-bumbu ini sudah nikmat. 

Berikut bumbu yang dipakai dalam hidangan barbeque Korea menurut Kwang Won Lee:

Bubuk cabai,Mirror Bubuk cabai,

1. Bubuk cabai

Korea mengenal dan menikmati rasa pedas. Masyarakatnya kerap menyantap makanan yang rasanya pedas dan menggugah selera, termasuk barbeque. Oleh karenanya, mereka selalu menambahkan bubuk cabai sebagai bumbu masakan barbeque.

Bubuk cabai terbuat dari gilingan cabai merah kering yang praktis digunakan dalam segala kondisi.

Kamu bisa membeli bubuk cabai di supermarket mana pun dan dapat memilih level mana sesuai seleramu.

Gochujang, bumbu khas Korea berupa perpaduan antara bubuk cabai dan tepung ketan. Gochujang biasa dipakai untuk pelengkap rasa barbeque Korea.shutterstock.com Gochujang, bumbu khas Korea berupa perpaduan antara bubuk cabai dan tepung ketan. Gochujang biasa dipakai untuk pelengkap rasa barbeque Korea.

2. Pasta cabai (Gochujang)

Orang Korea mengenal Gochujang atau pasta cabai ala Korea untuk pelengkap hidangan barbeque. Pasta cabai ini menambah cita rasa dari daging barbeque.

Gochujang merupakan perpaduan antara tepung ketan dan bubuk cabai yang dicampur dengan bahan-bahan lain. Usai dicampur, Gochujang lalu difermentasikan untuk sampai pada tahap rasa yang maksimal.

Semakin lama difermentasikan, maka Gochujang akan terasa semakin nikmat. Bahan-bahan membuatnya juga mudah ditemui.

Kamu cukup membeli dan menyiapkan tepung ketan, cabai bubuk, kecap asin, gula pasir, cuka, bawang merah parut, dan air matang.

Doenjang, salah satu bumbu barbeque Korea. Doenjang terbuat dari kedelai.shutterstock.com Doenjang, salah satu bumbu barbeque Korea. Doenjang terbuat dari kedelai.

3. Pasta Kedelai (Doenjang)

Bumbu ketiga yaitu Doenjang atau pasta kedelai. Bumbu ini terbuat dari kedelai yang direbus dan dikeringkan panas matahari. Kemudian, proses dilanjutkan membentuk adonan menjadi persegi yang dinamakan mejubap atau meju.

Proses pengeringan Doenjang kerap ditemukan jamur, tak usah khawatir, ini termasuk dalam proses fermentasi yang menimbulkan bau khas.

Kemudian, meju dipindahkan ke tempat hangat agar proses fermentasi berlangsung cepat. Lalu Doenjang setengah jadi itu dimasukkan ke dalam tempayan besar yang diisi air garam.

Air garam membantu proses fermentasi menjadi lebih baik. Doenjang pun siap disediakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com