Ingin Wisata ke Iran? Sebaiknya Tunda Dulu

Kompas.com - 12/01/2020, 10:17 WIB
Armenian Monastic Ensembles of Iran visitiran.irArmenian Monastic Ensembles of Iran


JAKARTA, KOMPAS.com - Iran sebagai negara dengan 24 situs warisan dunia UNESCO mampu menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung. Beberapa agen perjalanan wisata dari Indonesia pun juga membuat paket wisata khusus ke Iran.

Baca juga: 24 Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran Terancam karena Konflik AS dan Iran

Salah satunya adalah Wita Tour and Travel. Menurut Marketing Wita Tour and Travel Rifa Nur Octavia, minat wisatawan untuk paket wisata Iran mengalami penurunan sejak tahun 2018.

Hal ini, lanjutnya, terjadi karena situasi yang tidak kondusif sedang terjadi di sana. Ia mengakui bahwa sebenarnya pengurusan visa Iran tidak sulit.

Namun, ia menyarankan agar wisatawan menunda pergi ke Iran, terlebih berwisata karena masih adanya konflik.

"Tapi untuk saat ini sebaiknya ya tidak ke sana ya. Kita belum ada itinerary untuk tahun 2020 ini karena melihat situasi kondisi yang masih memanas," katanya kepada Kompas.com, Jumat (10/1/2020).

Sementara itu, Head of Marketing Communication Golden Rama Tours and Travel Ricky Hilton juga mengakui kerap menerima pelanggan yang ingin berwisata ke Iran.

Menurutnya, hal ini karena pembuatan visa Iran yang tidak begitu susah.

"Untuk pembuatan visa Iran tidak terlampau susah, seperti layaknya pembuatan visa Turki, akan tetapi sesuai dengan kebijakan masing-masing negara untuk proses approval visa tersebut," kata Ricky ketika dihubungi Kompas.com secara terpisah, Jumat (10/1/2020).

Namun ia mengaku, jumlah peminat paket wisata Iran masih terhitung sedikit. Ricky mengatakan biasanya peminat paket berasal dari grup insentif atau custom trip berdasarkan permintaan khusus.

Ketika ditanya data performa dari tahun ke tahun, Ricky mengaku belum bisa berkomentar karena angka yang masih minim.

Baca juga: Iran, Pilihan Destinasi Liburan untuk Penggemar Wisata Budaya

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X