Transportasi dari dan ke Bandara Internasional Yogyakarta Bisa Naik Shuttle Bus

Kompas.com - 14/01/2020, 10:30 WIB
Shuttle bus dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Satelqu. Dokumentasi SatelquShuttle bus dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Satelqu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) mulai beroperasi April 2019. Bagi kamu yang ingin menggunakan pesawat dari dan ke bandara YIA, kini ada transportasi berupa shuttle bus.

Ada dua shuttle bus yang tersedian dari dan menuju bandara YIA yaitu Satelqu dan Damri.

Menurut Koordinator Lapangan Satelqu YIA, Rahardian Wicaksono, shuttle bus di bandara ini mulai berjalan Mei 2019.

"Satelqu sendiri itu baru ada bulan Juni 2018, dulu rutenya Yogyakarta-Wonosobo dan Yogyakarta-Magelang," kata Rahardian ketika dihubungi Kompas.com, Senin (13/1/2020).

"Lalu setelah itu ada YIA mulai bulan Mei 2019, dan rencananya rute yang dulu ada, akan kami aktifkan lagi. Sementara kami masih fokus Yogyakarta-YIA (pp)," lanjutnya.

Baca juga: Ini Rute dan Tarif Damri di Bandara YIA Kulonprogo

Rahardian melanjutkan, saat ini untuk rute YIA ke Kota Yogyakarta melewati kota dan ringroad utara.

Untuk via kota, bus melewati Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Kridosono, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Ambarukmo Plaza, Janti, dan terakhir di Bandara Adisucipto.

Sementara untuk jalur via ringroad utara, melewati terminal Jombor, Monjali, Jalan Kaliurang, Condongcatur, Universitas Pembangunan Nasional, dan terakhir di Adisucipto.

Kapasitas tempat duduk di shuttle bus Satelqu yaitu 8 dan 10 seat.Dokumentasi Satelqu Kapasitas tempat duduk di shuttle bus Satelqu yaitu 8 dan 10 seat.
"Kalau yang via ringroad selatan itu next kalau sudah full operasional di YIA semua, mas," tambahnya.

Ia juga mengatakan, penumpang yang menggunakan Satelqu biasanya memiliki tujuan ke kota dan area ringroad utara.

Satelqu memiliki kapasitas tempat duduk untuk 10 dan 8 penumpang. Shuttle bus ini termasuk shuttle eksekutif karena armada HiAce yang dimilikinya.

Penumpang juga bisa menikmati fasilitas charger pada armada yang berkapasitas 8 tempat duduk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X