Kota Termurah di Asia untuk Backpacker Ada di Vietnam dan Laos

Kompas.com - 14/01/2020, 12:02 WIB
ILUSTRASI - Pelancong di Hanoi, Vietnam ShutterstockILUSTRASI - Pelancong di Hanoi, Vietnam

KOMPAS.com - Hanoi dan Vientiane. didaulat sebagai dua kota yang murah untuk pelancong backpacker. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan oleh agen asuransi perjalanan asal Inggris bernama Alpha Travel Insurance.

Seperti dilansir dari Nation Thailand, Hanoi dan Vientiane merupakan dua kota termurah di Asia untuk backpacker yang bisa dikunjungi pada tahun 2020 ini. Hanoi merupakan ibu kota Vietnam dan Vientiane adalah ibu kota Laos.

Baca juga: 8 Cara Liburan Ala Smart Backpacker

Sementara itu, Bangkok merupakan kota yang menawarkan banyak makanan dengan harga yang murah.

Hanoi menempati urutan pertama dalam daftar 31 destinasi wisata yang terdapat dalam laporan berjudul “ Backpacker Index - The Cheapest Cities To Visit In Asia”.

Tidak hanya Hanoi, kota di Vietnam seperti Ho Chi Minh dan Hoi An (terletak di provinsi Quang Nam) masing-masing menempati urutan ketiga dan keenam dalam daftar panduan tersebut.

Rata-rata, para pelancong menghabiskan sebesar 18,66 dollar AS di Hanoi atau setara dengan Rp 255.586.

Kemudian, 19,30 dollar AS di Vientiane atau sekitar Rp 264.352. Sementara di Ho Chi Minh, pelancong menghabiskan 19,86 dollar AS atau sekitar Rp 272.022.

Biaya tersebut berdasarkan total harga per hari yang harus dikeluarkan untuk menyewa hotel, dua moda transportasi, tiga makanan dengan harga hemat, minuman, dan biaya untuk memasuki satu atraksi wisata di kota tersebut.

Alpha Travel Insurance menggunakan data dari Price of Travel yang kemudian dikonversi menjadi harga per hari dari menginap di hostel per malam, dua perjalanan transportasi umum, tiga kali makan, tiket masuk tempat wisata budaya, serta tiga bir dengan harga yang murah.

Semua harga dikonversikan dari mata uang negara tersebut menjadi dollar AS dan poundsterling. Data tersebut ditarik pada Desember 2019.

Selanjutnya, Yangon di Myanmar dan Pokhara di Nepal masing-masing menempati urutan keempat dan kelima dalam daftar tersebut.

Dalam laporan tersebut, pelancong menghabiskan 20,50 dollar AS untuk Yangon dan 20,63 dollar AS untuk Pokhara dalam sehari atau setara dengan Rp 280.788 dan Rp 282.569.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X