Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Pameran Seni Yayoi Kusama di Seluruh Dunia pada 2020

Kompas.com - 14/01/2020, 17:38 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Lukisan polkadot, ruangan dengan dinding polkadot, serta labu berhiaskan polkadot di bagian luarnya, merupakan karya Yayoi Kusama yang mendunia.

Yayoi Kusama merupakan seniman dari Jepang yang karyanya mendunia. Pameran Kusama selalu ramai pengunjung, lantaran instalasi seninya yang terbilang indah dan fotogenic. 

Bagi kamu penggemar seni, ada beberapa negara yang akan menggelar pameran seni Yayoi Kusama.

Dilansir dari Condé Nast Traveler, berikut tempat-tempat di seluruh dunia yang menghadirkan karya seni Yayoi Kusama di tahun 2020:

Baca juga: Wisata ke Barcelona, Jangan Lupa Masuk ke Museum Erotis

1. New York, Amerika Serikat

The Bronx, di New York City membuka karya Kusama terbesar tahun ini. Pameran ini digelar taman yang diisi dengan karya-karya baru dari Kusama.

Selain itu juga beberapa karyanya sudah ada secara eksklusif untuk New York Botanical Garden, semua berfokus pada hubungan seniman dengan alam.

Baca juga: Menginap Mewah ala Kevin Home Alone di New York, Berapa Biayanya?

Pameran "Kusama: Comic nature" akan menampilkan patung tanaman polkadot berskala besar, sketsa botanical awal. Terdapat pula sebuah "obliteration room" bermodel rumah hijau, para pengunjung diberi kesempatan untuk mendekorasi ruangan dengan stiker bunga.

Tiket mulai dijual pada 29 Januari 2020. Disarankan pengunjung mengunjungi pameran ini di beberapa waktu atau pada musim yang berbeda. Hal tersebut bertujuan untuk melihat bagaimana seni Kusama berinteraksi dengan musim yang berganti-ganti.

Selain itu diharapkan untuk memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Pameran ini dipamerkan antara 9 Mei dan 1 November 2020.

2. Berlin, Jerman

Pameran karya Kusama di 2020 selanjutnya di Museum Gropius Bau, Berlin, Jerman. Bagian dalam museum akan didedikasikan untuk sebuah pameran retrospektif tak bernama mulai September 2020 sampai musim semi 2021.

Baca juga: Yuk Jelajahi Sisi Lain Kota Berlin

Pameran ini akan menampilkan karya Kusama seperti lukisan dan patung, kolase, dan bahkan baju fasion. Lalu juga akan ditampilkan karya baru yang dikumpulkan dan ada juga ruangan kaca yang luas terhingga.

3. Boston, Amerika Serikat

Dari 7 Februari 2021, kamu bisa mengunjungi karya Kusama sendiri dan pengaruhnya di dunia seni kontemporer di Bostons Institute of Contemporary Art dengan tema "Beyond infinity: contemporary art after Kusama,"

Pameran tersebut dapat dikunjungi di Boston. Museumnya memamerkan "love is calling", ruang kaca terbesar milik yang berisi tentakel polkadot yang ada disetiap sisi.

Di tempat lain, beberapa dari pameran karya Kusama yang lebih kecil ditampilkan bersamaan dengan kontemporari seni yang diinspirasi olehnya. Seperti Louise bourgeois dan Ana Mendieta.

Seperti kebanyakan tiket pameran Kusama akan laris terjual, jadi pastikan ada mengecek situs resmi penjualan untuk membeli tiket terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com