Rute ke Tunjungan Plaza dari Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi

Kompas.com - 14/01/2020, 20:06 WIB
Tunjungan Plaza 6, Surabaya, Jawa Timur. Dokumentasi Pakuwon JatiTunjungan Plaza 6, Surabaya, Jawa Timur.


JAKARTA, KOMPAS.com - Tunjungan Plaza berada di pusat Surabaya dengan lokasi yang strategis. Untuk sampai ke Tunjungan Plaza, terdapat banyak opsi dan akses yang bisa digunakan.

Baca juga: Itinerary Seharian di Tunjungan Plaza: Makan, Belanja, dan Nonton

Jika kamu baru datang ke Surabaya dengan kereta api, kamu akan menempuh perjalanan ke Tunjungan Plaza (TP) dari Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi.

Dua stasiun tersebut terbilang dekat dengan lokasi Tunjungan Plaza, jadi dapat menjadi alternatif tempat wisata di Surabaya. 

Berikut rute menuju Tunjungan Plaza dari Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi:

1. Stasiun Gubeng

Sejumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng, Surabaya, penuh pada Rabu (6/3/2019) malam. Seluruh perjalanan KA dari Surabaya ke sejumlah kota terisi penuh karena menjelang Hari Raya Nyepi pada Kamis (7/3/2019) besok.Dok. PT KAI Daop 8 Surabaya Sejumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng, Surabaya, penuh pada Rabu (6/3/2019) malam. Seluruh perjalanan KA dari Surabaya ke sejumlah kota terisi penuh karena menjelang Hari Raya Nyepi pada Kamis (7/3/2019) besok.

Stasiun Gubeng berada di Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya. Kamu dapat keluar dari pintu keluar Stasiun Gubeng di Jalan Pacar Keling. Setelah itu kamu bisa berjalan keluar dan menggunakan jasa taksi yang ada di sekitar jalan Pacar Keling.

Baca juga: Bosan Menunggu di Stasiun Gubeng? Coba Tiga Cara Ini...

Kamu juga dapat menempuh perjalanan ke Tunjungan Plaza dengan berjalan kaki melalui Jalan Pemuda. Pertama-tama kamu harus berjalan ke arah kanan menuju Jalan Pemuda. Sampai di perempatan yang yang berhadapan dengan Jalan Gubernur Suryo kamu bisa belok ke kiri dan melintas di Jalan Panglima Sudirman.

Terus berjalan di jalur kanan sampai kamu melihat Monumen Bambu Runcing, setelah itu bisa berbelok kearah kanan ke Jalan Embong Sawo. Jalan ini nantnya akan tembus ke Jalan Basuki Rahmat.

Sampai di Basuki Rahmat kamu bisa mengambil jalur kiri untuk tiba di Tunjungan Plaza. Selain menggunakan taksi kamu bisa memesan ojek online. Namun kamu harus berjalan menjauh dari Stasiun Gubeng.

Kamu bisa menyebrang ke Restoran Hanamasa Gubeng Pojok dan memesan ojek online di sana.

Selain itu kamu bisa naik Suroboyo bus, dengan menaikinya dari Halte Pemuda.
Suroboyo Bus tidak menerima uang tunai dan uang elektronik, melainkan penumpang harus membayar tiket dengan botol bekas.

Baca juga: Apa Bedanya Gado-gado Betawi dan Surabaya?

Satu orang dengan sekali jalan harus membayar tiket terdiri dari tiga botol plastik ukuran 1.5 liter, atau lima botol plastik ukuran 600 ml, atau 10 gelas plastik.

Berangkat dari Halte Pemuda kamu bisa lanjut ke Halte Santa Maria, setelah itu kamu harus turun dan menyebrang ke Halte Rumah Sakit Darmo. Di sana kembali menungu Suroboyo Bus yang menuju Halte Kaliasin. Dari halte tersebut kamu langsung bisa berjalan ke Tunjungan Plaza 1.

2. Stasiun Pasar Turi

Dari Stasiun Pasar Turi kamu juga bisa menggunakan taksi menuju Tunjungan Plaza. Perjalanan dimulai dari Jalan Bubutan. Dari sana menuju Jalan Raden Saleh dan belok kiri.

Setelah itu bisa putar balik dan masuk ke Jalan Pahlawan. Dari Jalan Pahlawan langsung lurus sampai ke Jalan Tunjungan. Setelah itu kamu bisa putar balik di Monumen Pers Perjuangan Surabaya. Dari situ kamu tidak bisa langsung turun di depan Tunjungan Plaza.

Kamu bisa turun di pintu masuk Hotel Sheraton. Kamu bisa sedikit berjalan dan masuk ke Tunjungan Plaza dari pintu masuk Tunjungan Plaza 4. Biaya taksi berkisar Rp 30.000 hingga Rp 45.000 dari Stasiun Pasar Turi. 

Baca juga: Itinerary Weekend Hemat di Surabaya, 2 Hari 1 Malam Jelajah Heritage

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X