Nasi Goreng Yan Chow khas China, Bedanya dengan Nasi Goreng Indonesia

Kompas.com - 16/01/2020, 18:05 WIB
Nasi goreng yan chow dan ayam goreng char siu di Restoran Suasana SYIFA NURI KHAIRUNNISANasi goreng yan chow dan ayam goreng char siu di Restoran Suasana


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang istimewa dari kuliner China adalah rasa nasi gorengnya yang khas.

Nasi goreng yan chow merupakan nasi goreng ala China yang dimasak menggunakan wok, sejenis penggorengan besar berbentuk bulat.

Baca juga: 5 Nasi Goreng dari Berbagai Negara, Adakah yang Sama dengan Nasi Goreng Megawati?

Nasi goreng yan chow memiliki rasa dan cara masak yang berbeda dari nasi goreng di Indonesia pada umumnya.

Nasi goreng yan chow bisa kamu temukan jadi salah satu rangkaian menu spesial Imlek di Restoran Suasana. Ada yang unik dari nasi goreng yan chow ala Restoran Suasana.

Di atas nasi goreng yang panas mengepul, diletakkan potongan ayam goreng berwarna merah keunguan. Ayam tersebut adalah ayam goreng char siu.

“Nasi goreng yan chow ini pembuatannya ala chinese food. Jadi rasanya beda, lalu dikasih topping ayam char siu yang pembuatannya juga agak beda dari ayam char siu biasanya,” ujar Chef Hendra Kurniawan, Executive Chef Restoran Suasana ketika ditemui Kompas.com pada Jumat (10/01/2020).

Menurutnya, hidangan ini mengkombinasikan gaya Indonesia dan China. Nasi goreng yan chow ala Restoran Suasana memiliki rasa khas chinese food yang cukup kental.

Bedanya dengan nasi goreng khas Indonesia

Dari tekstur telur di dalam campuran nasi goreng, terlihat cukup hancur. Tekstur telur ini jadi salah satu pembeda antara nasi goreng ala China dan ala Indonesia.

“Kalau ala China, telurnya setelah dimasukkan ke penggorengan langsung dihancurkan dan diaduk dengan nasi. Beda kalau Indonesia kan dimatangkan dulu telurnya. Telurnya yang jadi pengikat rasa,” jelas Hendra.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X