7 Tempat Wisata Unggulan di Purworejo, Tak Ada Keraton

Kompas.com - 18/01/2020, 09:10 WIB
Para penari sedang melakukan Trai Dolalak, budaya khas Purworejo yang terinspirasi dari masa kolonial Belanda. https://pesona.travelPara penari sedang melakukan Trai Dolalak, budaya khas Purworejo yang terinspirasi dari masa kolonial Belanda.


JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat wisata di Purworejo didominasi wisata alam seperti pantai, goa, hutan, dan desa wisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo, terdapat tujuh tempat wisata yang menjadi primadona bagi masyarakat Purworejo.

"Bisa ke Pantai Dewaruci Jatimalang, Goa Seplawan, Hutan Pinus Kalilo, Desa Wisata Kaligono, Desa Wisata Ketawang, Curug Kaliurip Kemiri, dan Hutan Pinus Sikepel," kata Agung ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (15/1/2020).

Berikut tujuh tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Purworejo:

Baca juga: 8 Makanan Khas Purworejo, Tempat Keraton Agung Sejagat yang Viral

 

Pantai Dewaruci Jatimalang di Purworejo, Jawa Tengah.Dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Pantai Dewaruci Jatimalang di Purworejo, Jawa Tengah.

1. Pantai Dewaruci Jatimalang

Destinasi wisata ini letaknya paling dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo. Sejak pembangunan bandara, pemerintah setempat telah membangun area parkir, kios-kios makanan, dan pembangunan patung Dewaruci.

Nama Dewaruci diambil karena merupakan penggambaran dewa laut dalam pewayangan Jawa. Kamu bisa berfoto di spot tulisan Dewaruci yang terpampang jelas ketika masuk kawasan pantai.

Baca juga: 4 Tips Berburu “Sunset” di Gunung Kunir Purworejo

Kamu juga bisa berfoto di patung besar Dewaruci yang tengah bertarung dengan seekor ular.
Kawasan pantai ini diperindah untuk meningkatkan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Pantai ini terletak sejajar dengan Pantai Jetis dan Pantai Hutan Mangrove Jembatan Api-Api Kulon Progo.

Harga tiket masuknya yaitu Rp 3.000 per orang, dan tiket parkirnya untuk mobil Rp 5.000.

Area Goa Seplawan di Purworejo, Jawa Tengah.Dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Area Goa Seplawan di Purworejo, Jawa Tengah.

2. Goa Seplawan

Goa ini berada di kawasan Pegunungan Menoreh dan terdapat aliran air di dalamnya. Goa ini tepatnya di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kulon Progo, Yogyakarta.

Goa Seplawan cocok untuk kamu yang pencinta alam karena dapat menyusuri goa yang terbilang aman. Wisatawan tak perlu takut goa yang gelap karena goa ini sudah diberikan penerangan dan jalur bertangga.

Kamu bisa melihat keindahan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif di sini. Sebelum masuk ke goa, kamu akan disambut dengan patung emas setinggi tiga meter dan merupakan replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

Selain itu, wisata Goa Seplawan menawarkan keindahan pegunungan dari bukit yang ada di sampingnya. Ada juga gardu pandang seperti joglo dan menyuguhkan pemandangan Pegunungan Menoreh, Kota Magelang, dan Yogyakarta.

Bahkan ketika cerah, kamu bisa melihat lima gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Hutan Pinus Kalilo di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.Dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Hutan Pinus Kalilo di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

3. Hutan Pinus Kalilo

Destinasi wisata satu ini baru diresmikan pada pertengahan tahun 2017. Tempat ini sempat viral karena unggahan foto-foto pengunjung yang berlatarkan hutan pinus Kalilo di akun media sosial.

Kamu bisa menemui berbagai spot foto keren dan menyegarkan mata seperti pohon dan deck view selfie.

Baca juga: Wisata Yogyakarta, Rumah Nanas Spongebob di Tengah Hutan Pinus

Kamu tak perlu takut kelaparan di sini karena ada beberapa warung makan. Selain itu lahan parkir juga terhitung luas. Tak lupa juga, di tempat ini sudah tersedia toilet umum.

Hutan Pinus Kalilo hingga saat ini belum mematok tiket masuk. Namun biaya parkir kendaraan sepeda motor Rp 2.000.

Jam operasional Hutan Pinus Kalilo mulai pukul 05.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X