Pemohon Paspor dengan Syarat Berikut Dapat Prioritas di Festival Keimigrasian 2020

Kompas.com - 18/01/2020, 13:01 WIB
Paspor Indonesia ShutterstockPaspor Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda dalam pelayanan paspor di Festival Keimigrasian 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Para pemohon paspor dalam kategori anak, lansia, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan menyusui mendapat prioritas antrean.

Keempat kategori pemohon tersebut diberi tanda berupa kalung pengenal atau ID Card berwarna merah.

Baca juga: Festival Keimigrasian 2020 Digelar sampai Besok, Yuk Urus Paspormu

Salah satu orangtua yang membuatkan paspor untuk anaknya adalah Hakim. Ia mengaku senang dengan adanya prioritas antrean pelayanan paspor.

"Pelayanannya luar biasa karena kita yang bawa anak dan mau buat paspor anak diberikan prioritas. Tadi kita dikasih kartu identitas, meski kami datang belakangan, tetapi dilayani duluan," kata Hakim kepada Kompas.com, Sabtu (18/1/2020).

Tidak semua anak bisa mendapatkan prioritas, ketentuannya adalah anak berusia balita atau bawah lima tahun.

Hakim berharap acara-acara yang memudahkan dapat terus ada.

"Ya harapannya acara seperti gini lebih dibuat lebih sering saja, karena membantu banget," ujarnya.

Suasana Festival Keimigrasian 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/1/2020)Kompas.com/ Nicholas Ryan Aditya Suasana Festival Keimigrasian 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/1/2020)

Sementara itu, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie mengatakan, prioritas memang sengaja tersedia dalam Festival Keimigrasian 2020.

Para pemohon dalam kategori itu akan mendapatkan prioritas meski tidak mendaftar terlebih dulu lewat aplikasi layanan paspor online.

"Kalau yang prioritas, justru bisa login. Dia datang langsung, tidak perlu melalui pendaftaran antrean online. Kategorinya lansia, ibu hamil, anak-anak balita, disabilitas," jelas Ronny kepada Kompas.com.

Ronny juga mengatakan, Direktorat Jenderal Imigrasi akan mengevaluasi pelayanan dalam acara ini. Hal tersebut juga dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-70 yang jatuh pada tanggal 26 Januari.

Festival Keimigrasian digelar dari Sabtu 18 Januari 2020 hingga Minggu 19 Januari 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. 

Baca juga: Tata Cara Pembuatan atau Perpanjang Paspor di Festival Keimigrasian 2020



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X