Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemohon Paspor dengan Syarat Berikut Dapat Prioritas di Festival Keimigrasian 2020

Kompas.com - 18/01/2020, 13:01 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda dalam pelayanan paspor di Festival Keimigrasian 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Para pemohon paspor dalam kategori anak, lansia, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan menyusui mendapat prioritas antrean.

Keempat kategori pemohon tersebut diberi tanda berupa kalung pengenal atau ID Card berwarna merah.

Baca juga: Festival Keimigrasian 2020 Digelar sampai Besok, Yuk Urus Paspormu

Salah satu orangtua yang membuatkan paspor untuk anaknya adalah Hakim. Ia mengaku senang dengan adanya prioritas antrean pelayanan paspor.

"Pelayanannya luar biasa karena kita yang bawa anak dan mau buat paspor anak diberikan prioritas. Tadi kita dikasih kartu identitas, meski kami datang belakangan, tetapi dilayani duluan," kata Hakim kepada Kompas.com, Sabtu (18/1/2020).

Tidak semua anak bisa mendapatkan prioritas, ketentuannya adalah anak berusia balita atau bawah lima tahun.

Hakim berharap acara-acara yang memudahkan dapat terus ada.

"Ya harapannya acara seperti gini lebih dibuat lebih sering saja, karena membantu banget," ujarnya.

Suasana Festival Keimigrasian 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/1/2020)Kompas.com/ Nicholas Ryan Aditya Suasana Festival Keimigrasian 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/1/2020)

Sementara itu, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie mengatakan, prioritas memang sengaja tersedia dalam Festival Keimigrasian 2020.

Para pemohon dalam kategori itu akan mendapatkan prioritas meski tidak mendaftar terlebih dulu lewat aplikasi layanan paspor online.

"Kalau yang prioritas, justru bisa login. Dia datang langsung, tidak perlu melalui pendaftaran antrean online. Kategorinya lansia, ibu hamil, anak-anak balita, disabilitas," jelas Ronny kepada Kompas.com.

Ronny juga mengatakan, Direktorat Jenderal Imigrasi akan mengevaluasi pelayanan dalam acara ini. Hal tersebut juga dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-70 yang jatuh pada tanggal 26 Januari.

Festival Keimigrasian digelar dari Sabtu 18 Januari 2020 hingga Minggu 19 Januari 2020 di Gedung Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. 

Baca juga: Tata Cara Pembuatan atau Perpanjang Paspor di Festival Keimigrasian 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com