Damri Luncurkan Angkutan Perintis di Aceh, Tarifnya Rp 6.000

Kompas.com - 18/01/2020, 14:08 WIB
Angkutan Perintis milik Damri yang mulai beroperasi Jumat (17/1/2020). Angkutan ini beroperasi di wilayah 3T yaitu Peusangan hingga Bireuen. Dokumentasi DamriAngkutan Perintis milik Damri yang mulai beroperasi Jumat (17/1/2020). Angkutan ini beroperasi di wilayah 3T yaitu Peusangan hingga Bireuen.


JAKARTA, KOMPAS.com - Damri meluncurkan moda transportasi baru yaitu Angkutan Perintis di wilayah Aceh. Angkutan ini mulai beroperasi Jumat (17/1/2020) dan diperuntukkan bagi masyarakat Aceh yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) melalui UPTD Wilayah 1 Aceh.

Melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, General Manager Perum Damri cabang Aceh Ruslan, angkutan ini beroperasi untuk rute Peusangan Siblah Krueng menuju Bireuen.

Damri Aceh telah menerima satu unit bus dari Kementerian Perhubungan Ditjen Darat yang bertujuan untuk membuka isolasi kawasan pedalaman khususnya dalam membantu siswa dan masyarakat selama beraktivitas seperti sekolah dan ke pasar.

Baca juga: Menengok Sisa-Sisa Tsunami Aceh sambil Jalan-jalan

"Rencananya tahun depan kami akan mendapatkan tambahan satu unit lagi untuk rute lainnya dari pusat kecamatan ke Bireuen," kata Ruslan seperti dikutip keterangan pers.

Masyarakat Aceh khususnya Peusangan Siblah Krueng dan Bireuen bisa menggunakan bus ini dengan jadwal keberangkatan mulai dari Terminal Bireuen - Peusangan sekitar pukul 05.30 WIB.

Kemudian tiba di Peusangan Selatan sekitar pukul 06.30 WIB. Jarak yang akan ditempuh bus ini sekitar 30 kilometer.

Adapun kapasitas bus bermerek Hino ini 26 kursi serta dilengkapi pendingin ruangan.
Masyarakat bisa menggunakan bus dengan tarif Rp 1.000 per orang untuk siswa, dan Rp 6.000 per orang dewasa.

Ruslan juga berharap adanya bus Damri ini mampu membuka peluang yang lebih luas bagi masyarakat khususnya di daerah 3T untuk melakukan mobilitas dengan transportasi darat.

Baca juga: Manisnya Rambutan Aceh Sepanjang Musim…

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X