Tips Membuat Pasta Segar di Rumah

Kompas.com - 18/01/2020, 16:05 WIB
ILUSTRASI - membuat pasta ShutterstockILUSTRASI - membuat pasta


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasta memiliki beragam bentuk, seperti spaghetti, fettucine, linguini, ravioli, dan masih banyak lagi.

Olahan pasta salah satu hidangan Italia favorit di kalangan lidah orang Indonesia. Tak hanya menikmatinya di restoran, banyak orang memasak beragam kreasi pasta di rumah.

Adanya pasta kering yang hanya membutuhkan proses perebusan, dianggap sangat praktis saat memasaknya.

Baca juga: Italia, China, Arab, dari Mana Sebetulnya Pasta Berasal?

Namun sebenarnya, membuat pasta segar di rumah langsung dari adonan juga cukup mudah. Menurut Chef Wahyudi Kisworo, Head Chef dari Liberta Restoran, pasta segar akan memberikan rasa yang berbeda dari pasta kering.

Berikut ini panduan lengkap ala Chef Wahyudi dalam membuat pasta segar di rumah.

Gunakan tepung protein tinggi

Bahan-bahan untuk membuat adonan pasta ternyata cukup sederhana. Bahan-bahannya berupa tepung terigu, telur, olive oil, dan air.

Komposisi tiap bahan yang harus agak diperhatikan. Adonan harus seimbang agar bisa membentuk pasta yang baik.

Adonan tidak boleh terlalu kering, dan tidak boleh terlalu basah. Khusus untuk tepung terigu, Chef Wahyudi selalu menggunakan tepung terigu protein tinggi dalam adonan pasta.

“Tepung kita di sini (Liberta) pakai Double Zero. Spesial protein tinggi. Kalau di luar itu mungkin Cakra Kembar ya. Tepung protein tinggi ini bisa membuat tingkat kekenyalan yang beda buat adonan,” jelas Chef Wahyudi ketika ditemui Kompas.com pada Rabu (15/01/2020).

Masukkan lemari pendingin

Setelah bahan-bahan dicampur rata dan memiliki komposisi yang seimbang, adonan harus didiamkan dahulu selama beberapa lama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X