Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ada Starling Modern Jajakan Kopi dengan Gerobak Sepeda Listrik

Kompas.com - 21/01/2020, 13:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Edukasi konsumen kopi jadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan apresiasi kopi di Indonesia. Hal tersebut yang juga coba dilakukan oleh Jago Coffee.

Lewat konsep starling--gurauan soal kedai kopi keliling--modern yang mereka lakukan, Jago Coffee memfasilitasi para barista untuk memulai usaha kopi sendiri berbentuk sebuah gerobak kopi keliling.

Baca juga: Cangkir Kopi yang Bisa Dimakan di Air New Zealand, Seperti Apa?

Gerobak ini dioperasikan langsung oleh barista yang membuat kopi untuk para pelanggan.

"Inspirasi dari mendapatkan kopi yang dekat ya adalah starling. Ada di dekat kita, tinggal datang, berhenti, pesan, dan pergi," ujar Founder Jago Coffee Yoshua Tanu ketika ditemui Kompas.com pada Senin (20/01/2020).

"Kalau pesan kopi lewat aplikasi, misalnya, ke kafe lain itu tidak fresh lagi. Pergi ke kafe juga membutuhkan waktu. Maka yang paling cepat ya sistem gerobak,” lanjutnya.

Baca juga: Modal Rp 10 juta Sudah Bisa Buka Bisnis Kopi, Simak Caranya

Nantinya, Jago Coffee akan memberikan bantuan berupa pembinaan dan fasilitas untuk para partner yang ingin bergabung di Jago Coffee.

Fasilitas perlengkapan berjualan tersebut berupa sepeda listrik, alat-alat penyeduhan kopi, dan aplikasi khusus untuk pemesanan kopi. Dengan alat penyeduhan kopi yang lengkap, maka kopi bisa langsung dibuat di gerobak tersebut dan dinikmati langsung.

Gerobak tersebut akan dikelola langsung oleh pemilik gerobak. Mereka akan berjualan berkeliling di beberapa titik strategis. Nantinya pelanggan bisa menggunakan aplikasi khusus untuk melihat gerobak Jago Coffee terdekat dari mereka.

Baca juga: Kopi Susu Kekinian Diminati Warga Thailand

"Kita membuat modern pedagang kaki lima, gerobak, starling, di mana orang bisa membeli minuman tanpa harus malu," kata Yoshua.

"Mereka juga tidak perlu khawatir soal kebersihan, dengan look yang keren. Nantinya yang punya gerobak akan punya kebanggaan terhadap produk yang mereka jual," lanjutnya.

Edukasi Konsumen

Yoshua menceritakan saat sedang menangani bisnisnya yang lain, Coffee Shop Common Grounds, ia dan partnernya sering membuat kopi untuk para pelanggannya.

Para pelanggan sangat menyukai jika menerima kopi yang dibuat langsung oleh founder.

Baca juga: Jangan Salah Pesan di Kedai Kopi, Ini 9 Jenis Minuman Espresso Based

"Karena kami (founder) sangat passionate soal kopi. Kami bicara soal kopi secara detil yang membuat mereka bisa mengerti lebih dalam soal kopi. Akhirnya mereka bisa menikmati kopi dengan lebih baik," katanya.

Ia berharap, dengan para pemilik gerobak yang langsung berinteraksi dengan pelanggan, maka bisa meningkatkan edukasi kopi pada para penikmat kopi.

Para barista sekaligus pemilik gerobak yang sudah memiliki pengetahuan soal kopi bisa menjelaskan secara detil pada para pembeli soal kopi yang mereka nikmati.

Baca juga: 5 Jenis Kopi Dingin, Cocok Diminum Saat Suhu Panas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com