Kapal Rombongan Wartawan Istana Terbalik, Catat Musim Terbaik Berkunjung ke TN Komodo

Kompas.com - 21/01/2020, 14:30 WIB
Pelabuhan Labuan Bajo KOMPAS.COM/DANI PRABOWOPelabuhan Labuan Bajo

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kapal yang membawa rombongan wartawan Istana Presiden terbalik di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Kapal Berpenumpang Wartawan Istana Terbalik di Labuan Bajo

Semua penumpang dari kapal itu dikabarkan selamat. Pihak berwajib sedang melangsungkan penyelidikan berlanjut.

Rombongan para wartawan sebelumnya meliput kegiatan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Labuan Bajo, NTT.

Beberapa hari sebelumnya, Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, mengeluarkan larangan untuk kapal beroperasi ke Labuan Bajo.

Dilansir dari Antara, pada 14 Januari lalu Kepala Syabandar Labuan Bajo Simon Baon menyatakan larangan berlayar karena cuaca sedang buruk.

"Iya, kami larang sejumlah operator kapal khususnya kapal wisata untuk berlayar, karena cuaca buruk dan sudah ada peringatan dari BMKG," kata Kepala Syabandar Labuan Bajo Simon Baon saat dihubungi dari Kupang oleh Antara, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Cuaca Buruk, Kapal Wisata di Labuan Bajo Dilarang Berlayar

Musim menjadi hal yang penting saat hendak mengunjungi Taman Nasional Komodo. Sebab saat berwisata di sana, mayoritas waktu wisatawan dihabiskan di laut. 

"Ombak laut yang tenang itu bulan Juni sampai Agustus. Kalau Desember sampai awal Maret itu ombaknya tidak bagus, sering hujan juga," kata Guest Activity Coordinator di Plataran Komodo Resort and Spa, Julianus Ebol ditemui Kompas.com pada Kamis (29/3/2018).

Lewat obrolan dengan masyarakat Labuan Bajo, saat musim ombak tinggi mereka enggan naik kapal terutama kapal bemo (kapal kayu sederhana dengan mesin klotok). 

Ombak di perairan Taman Nasional Komodo akan lebih tenang ketika memasuki akhir Maret. Periode ini juga cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata tanpa bertemu banyak orang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X