Kompas.com - 21/01/2020, 21:03 WIB
Wisatawan sedang berfoto berlatarkan di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWisatawan sedang berfoto berlatarkan di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya meraih penghargaan sebagai Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara, Kota Semarang juga menorehkan hasil positif dari jumlah kunjungan wisatawan pada 2019.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari, jumlah kunjungan wisatawan Kota Semarang telah melebihi target yaitu sebesar 7,3 juta kunjungan.

"Kunjungan wisatawan di tahun 2019 sebesar 7,3 juta kunjungan. Dan ini melebihi target yang ditetapkan yaitu 7,2 juta," kata Indriyasari ketika dihubungi Kompas.com, Senin (20/1/2020).

Tahun ini, Dinparbud akan lebih berfokus pada peningkatan wisatawan yang berkualitas.

Untuk mencapai tujuan peningkatan wisatawan berkualitas, Dinparbud akan melihat beragam aspek wisatawan.

Baca juga: Semarang, Kota Wisata Terbersih di ASEAN

"Artinya tidak hanya mengandalkan jumlahnya saja yang naik, tetapi lama tinggalnya, daya beli, uang yang dibelanjakan di Kota Semarang lebih banyak," ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar hal tersebut dapat berdampak positif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Sebelumnya, pada Kamis (16/1/2020) Kota Semarang dinobatkan menjadi Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara dalam ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) di Brunei Darussalam.

Penghargaan ini disematkan kepada Kota Semarang selama dua tahun, sejak sekarang hingga  2022.

Baca juga: Jelajah Kota Lama Semarang, Ikuti Itinerary 1 Hari Berikut Ini



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X