3 Benda Ini Dilarang Dibawa Masuk ke Kamar Hotel, Salah Satunya Durian

Kompas.com - 23/01/2020, 09:16 WIB
Ilustrasi hotel oatawaIlustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu menginap di hotel, tak semua barang dari rumah bisa dibawa masuk ke kamar. Biasanya, barang-barang yang dilarang berpotensi merusak serta mengeluarkan bau tajam, seperti durian.

Informasi barang-barang dilarang dibawa masuk ke kamar akan diberi tahu oleh pihak hotel, entah dicantumkan di lobi hotel atau diinformasikan langsung oleh resepsionis.

Baca juga: Hotel Santika Pasir Koja Bandung, Hotel Baru nan Instagramable di Bandung

Untuk lebih lengkap, Kompas.com berbincang langsung dengan Corporate Asst. Manager Operations System Santika Group Astrin Christina soal beberapa hal yang tak boleh dibawa masuk ke kamar hotel.

1. Durian

Harus Icip Durian sebagai Bagian Itinerary Weekend di Medan via  shutterstockSHUTTERSTOCK Harus Icip Durian sebagai Bagian Itinerary Weekend di Medan via shutterstock
Aroma durian akan sangat merepotkan petugas hotel karena biasanya butuh tiga hari untuk menghilangkan baunya di dalam kamar. Hal ini tak lepas dari bau durian yang sangat kuat.

"Walaupun mau pakai apa pun, untuk menghilangkan baunya harus benar-benar menetralisir kamar," jelas Astrin di Melawai, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Ketika petugas housekeeping memeriksa kamar, lalu menemukan bau durian, maka hal pertama yang dilakukan adalah membuka jendela selama dua hingga tiga jam.

Setelah itu, petugas harus membersihkan area kamar dengan alat pembersih yang mengandung bahan kimia, lalu aroma terapi agar baunya benar-benar hilang.

Baca juga: Nikmati Menyantap Durian Sambil Berwisata di Lembah Kolang

Proses pembersihan bau bisa mencapi dua hingga tiga hari.

Petugas juga harus memastikan kamar tersebut benar-benar terbebas dari aroma durian, sebelum dipakai lagi oleh tamu lain. Pasalnya, tamu akan merasa sangat tidak nyaman jika berada di dalam kamar dengan aroma durian. 

"Pernah tamu bule yang sangat tidak suka bau durian, ada yang karena bau durian aja mereka check-out, dan tidak mau bayar," jelas Astrin.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X