Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warung Kopi Klotok, Tempat Makan di Yogyakarta dengan Suasana Pedesaan

Kompas.com - 23/01/2020, 16:55 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Yogyakarta selalu punya tempat kuliner menarik untuk dikunjungi, salah satunya Warung Kopi Klotok.

Selain menjual kopi, warung ini menawarkan makanan berat, lengkap dengan sederet lauk-pauk, serta ditemani pemandangan asri pedesaan.

Terletak di Sleman, Yogyakarta, Warung Kopi Klotok ini awalnya didirikan utnuk mengisi masa pensiun pemilik.

Baca juga: Lezatnya Makanan Jawa Rumahan di Kopi Klotok

Tak ayal konsep dari warung memang benar-benar tenang dan asri, cocok bagi orang-orang untuk melepas lelah.

"Lalu semakin lama, semakin ke sini, ternyata disukai pengunjung. Mereka tertarik akan suasana pedesaan di sini. Mereka ingin menikmati sawah, melihat pemandangannya, terus juga makanannya," kata Prita, perwakilan Warung Kopi Klotok, kepada Kompas.com, Rabu (22/1/2020).

Tempat makan di Yogyakarta dengan bangunan rumah Joglo di tengah sawah ini punya konsep prasmanan. Pengunjung bisa mengambil sendiri lauk-pauk untuk mengisi perut.

Hidangan makanan dan lauk pauk di Warung Kopi Klotok yaitu telur krispi, sayur lodeh, pindang goreng, tempe garit dan lainnya.NICHOLAS RYAN ADITYA/KOMPAS.com Hidangan makanan dan lauk pauk di Warung Kopi Klotok yaitu telur krispi, sayur lodeh, pindang goreng, tempe garit dan lainnya.

Ada berbagai macam lauk yang disajikan, seperti sayur lodeh, sop ayap, sayur asem, telur dadar, ikan pindang, tempe, pisang goreng hingga kopi klotok.

"Tapi yang paling banyak dipilih ya sayur lodeh, pisang goreng, dan kopinya," kata Prita.

Kopi klotok punya rasa pahit khas kopi tubruk, berwarna hitam pekat. Paling nikmat diminum saat panas. Apalagi porsinya pas, secangkir kecil. 

Hidangan kopi klotok di Warung Kopi Klotok, Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Harga satu gelas kopi Rp 5.000.NICHOLAS RYAN ADITYA/KOMPAS.com Hidangan kopi klotok di Warung Kopi Klotok, Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Harga satu gelas kopi Rp 5.000.
Minum kopi klotok di sini kian nikmat, karena ditemani pemandangan apik dan suasana asri khas pedesaaan.

Sebuah pengalaman menyenangkan bagi yang ingin bernostalgia dan rindu akan suasana dan makan di warung pedesaan.

Jika tertarik mencoba merasakan makan dengan suasana pedesaan, kamu bisa membawa uang mulai dari Rp 11.500 untuk satu porsi nasi sayur.

Suasana pengunjung di Warung Kopi Klotok, Sleman Yogyakarta, Rabu (22/1/2020) pagi.NICHOLAS RYAN ADITYA/KOMPAS.com Suasana pengunjung di Warung Kopi Klotok, Sleman Yogyakarta, Rabu (22/1/2020) pagi.
yoSementara untuk satu kopi klotok dihargai Rp 5.000. Lalu untuk satu porsi pisang goreng dengan isi 2 dihargai Rp 6.500.

Jika kamu sedang di Yogyakarta dan ingin berkunjung, arahkan kendaraanmu ke arah Jalan Kaliurang kilometer 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Posisi warung ini ada di sebelah kanan jalan dari Kota Yogyakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com