Kompas.com - 24/01/2020, 10:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Tren penginapan kian bermunculan mengikuti gaya menginap masyarakat, salah satunya adalah virtual hotel operator (VHO). 

Dari sejumlah VHO, dapat disimpulkan, virtual hotel operator adalah platform online yang bekerjasama dengan penginapan sekaligus menghubunghkan properti mereka dengan konsumen. 

Sementara hotel virtual adalah penginapan yang dikelola virtual hotel operator yang pemesanannya dapat dilakukan secara online dan offline.

Di Indonesia, menurut Wiastuti dan Susilowardhani dalam Virtual Hotel Operator: Is It Disruption For Hotel Industry (2016: 203), konsep VHO pertama kali mulai masuk pada tahun 2015, dengan beberapa operator seperti Nidia Rooms, Airy Rooms, RedDoorz dan lainnya.

Hingga kini, meskipun tak ada data pasti soal perkembangannya, VHO masih eksis serta punya cara-cara sendiri untuk diminati konsumen. Beberapa VHO lain juga bermunculan.

Lalu mengapa VHO eksis dan punya konsumen sendiri?

Kepada Kompas.com, Vice President of Operations RedDoorz Adil Ali Mubarak mengungkapkan, VHO menawarkan penginapan dengan kualitas setara hotel bintang 4 dan 5.

Tawaran ini tak lepas dari peluang yang dilihat VHO dalam melihat kekosongan di pasar hotel, seperti minimnya standar kualitas.

"Terlebih harga penjualan kamar terkadang kurang jelas. Harga dan kualitas tidak konsisten. Kami (pelaku VHO) melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang untuk membantu mereka (hotel dengan standar kualitas minim)," kata Adil di Ecology Bistro & Lounge, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Selain itu, Adil melihat banyak penginapan yang tidak memiliki satu merek untuk menaungi. Oleh karena itu, dengan bantuan VHO, hotel virtual dapat beroperasi di bawah satu merek, tanpa harus mengubah nama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.