Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Konsep Kedai Kopi Grab and Go Kian Diminati

Kompas.com - 24/01/2020, 19:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha es kopi susu kian menjamur selama beberapa tahun terakhir. Karena itu, banyak kedai kopi bermunculan dengan es kopi susu sebagai menu andalan.

Selain es kopi susu yang jadi andalan, kedai kopi baru ini hampir serupa, seperti tempat terbatas, dan tidak menyediakan banyak meja dan kursi. Menunya pun jarang makanan berat.

Konsep kedai kopi semacam ini dinamakan sebagai konsep Grab and Go.

"Grab and Go ini merupakan konsep yang menyesuaikan kebiasaan masyarakat yang kini lebih senang untuk memesan sesuatu, kemudian langsung berlanjut mengerjakan aktivitas lain," kata PR & Marketing Manager Flash Coffee Deri Jindhar saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Alasan Es Kopi Susu Mudah Diterima Lidah Orang Indonesia

Deri mengatakan, melalui konsep tersebut, biasanya orang-orang lebih memilih menu makanan dan minuman yang disajikan secara cepat. Konsumen tidak lagi perlu berlama-lama berada di tempat mereka memesan makanan dan minuman.

Karena itu, banyak dari kedai kopi yang mengusung konsep Grab and Go hanya menyediakan berbagai jenis varian kopi dan makanan ringan sebagai pelengkap.

Adapun makanan ringan yang disajikan di kedai kopi konsep semacam ini adalah adalah roti dan beberapa kue lain.

Baca juga: Tren Es Kopi Susu Bantu Kenalkan Kopi Indonesia

Konsep Grab and Go juga kian populer dan dilakukan oleh beberapa kedai kopi, ditambah adanya layanan pemesanan online. Karena itu, penyediaan meja dan kursi yang banyak dirasa tidak terlalu bermanfaat.

Salah satu kedai kopi baru yang turut mengusung konsep tersebut adalah Flash Coffee yang terletak di lantai dua Pacific Place Mall.

Terkait konsep kedai kopi yang dipilih, Deri mengatakan bahwa mereka menyesuaikannya dengan target pasaran mereka yaitu pekerja kantoran.

"Pekerja kantoran kan memang fast-paced living. Jadi konsep Grab and Go dirasa lebih tepat. Terlebih lagi sekarang orang lebih memilih memesan secara online," tutur Deri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com