Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agendakan Liburan ke Yogyakarta, Ada 283 Acara Wisata pada 2020

Kompas.com - 25/01/2020, 08:02 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan Calendar of Event (CoE) 2020 di Bukit Lintang Sewu Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (23/1/2020) malam. Tahun ini, DIY akan menggelar 283 acara dengan 21 acara unggulan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan 283 acara tersebut dirangkum dalam 11 kategori.

Baca juga: Viral Flashmob di Yogyakarta, Uniknya Selasa Wage di Malioboro

"Acara kami rangkum dalam 11 kategori yaitu art and culture, sport tourism, music, exhibition, culinary, fashion, otomotif, festival, Carnival, kontes atau turnamen, dan seminar," kata Singgih dalam acara peluncuran CoE DIY, Kamis (23/1/2020).

Adapun acara-acara yang akan menjadi unggulan dinamai dengan Calendar of Iconic Events DIY 2020.

Singgih mengatakan, acara yang paling terdekat adalah atraksi wisata budaya dan pergantian prajurit Pura Pakualaman yang akan diselenggarakan Sabtu (25/1/2020). Acara ini akan dimulai pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Selain itu, pada bulan Februari DIY akan mengadakan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta yang berlangsung selama 6 hari yaitu 2 Februari 2020 hingga 8 Februari 2020. Acara ini digelar dalam rangka memeriahkan perayaan hari raya Imlek di Yogyakarta.

Acara PBTY akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB di Ketandan, Malioboro, Kota Yogyakarta.

Bukit Lintang Sewu

Peluncuran CoE DIY 2020 dilaksanakan di Bukit Lintang Sewu. Menurut Singgih, hal ini merupakan salah satu bentuk nyata pengenalan tempat wisata yang tengah digandrungi orang muda maupun orang tua.

"Ini terbukti satu kawasan Hutan Pinus dimanfaatkan dengan baik untuk pariwisata. Bahkan bisa membuat masyarakat sekitar sejahtera," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani yang turut hadir dalam acara mengatakan DIY bisa menjadi benchmark bagi acara-acara di daerah lainnya.

Peluncuran acara Calendar of Event DIY 2020 di Bukit Lintang Sewu Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (23/1/2020).KOMPAS.com/Paskalis Dwiwanda Peluncuran acara Calendar of Event DIY 2020 di Bukit Lintang Sewu Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, Yogyakarta memiliki dua alasan dan percontohan acara-acara menarik di Indonesia.

"Pertama, banyak jenis kategorinya beda-beda mulai dari olahraga, musik, seni dan lainnya. Semuanya itu punya kualitas sangat baik, kreatif ekonomi dan pariwisata dipadukan jadi satu," jelasnya.

Baca juga: Bukit Lintang Sewu, Pilihan Glamping di Yogyakarta

Kedua, dari sisi acara peluncuran CoE. Acara peluncuran berlangsung di alam terbuka. Biasanya acara resmi peluncuran Calender of Event diadakan di ruangan tertutup.

"Dan di tempat lokal, (hal ini) menunjukkan kekuatan Yogyakarta itu ada di masyarakat lokal," tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com