Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Wisata Keluarga di Malang, Terbaru Ada Spot ala Korea di Taman Bunga

Kompas.com - 26/01/2020, 09:07 WIB
Yuharrani Aisyah,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kawasan Malang Raya dapat menjadi pilihan tepat untuk quality time bersama keluarga.

Dari Kota Malang, Kabupaten Malang, sampai Kota Batu menyuguhkan tempat wisata keluarga dengan beragam keistimewaan masing-masing.

Mulai dari kampung tematik, taman hiburan instagenic, sampai destinasi bernuansa alam. Berikut daftar 25 tempat wisata keluarga di Malang yang bisa masuk itinerary weekend-mu.

1. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung Warna-warni Jodipan, Wisata Keluarga di MalangSHUTTERSTOCK Kampung Warna-warni Jodipan, Wisata Keluarga di Malang

Kota Malang mempunyai 3 kampung tematik yang berlokasi di satu kawasan.

Salah satunya Kampung Warna-warni Jodipan, seluruh aspek di area ini disulap menjadi berwarna. Mulai dari rumah sampai jalanannya, dilengkapi pula dengan pernak-pernik warna-warni.

Puaskan berswafoto di setiap sudut destinasi ini, bisa juga sekalian melewati jembatan kaca.

Tiket Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) Rp 3.000-an untuk seharian (bisa masuk-keluar tanpa bayar lagi) dan parkir motor Rp 5.000-an. Tempat wisata ini buka pukul 07.00-18.00.

KWJ beralamat di Kelurahan Jodipan, sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun Kota Malang.

2. Kampung Biru Arema

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

This journey has been so much sweeter with you by my side! ???? For the last 4.5 months we have spent every single second together and it’s been more amazing than either of us could have imagined! ???? We’ve been places we’ve only dreamt about, eaten delicious food and have had so many adventures! It’s been a wild ride so far and I can’t wait to see what the future has in store for us! ???? Tag your favorite travel partner in the comments and let us know who that special someone is! ???? Tips for Visiting The Blue Village, Malang, Java: - The blue village is located in East Java in the center of Malang! - On google maps the Blue Village is called Kampung Biru Arema and the entrance is at these GPS coordinates (-7.9810875, 112.6377760) - The entrance costs 3K IDR ($0.21 USD) and they give you these cute little keychains! - Only cash is accepted at the ticket counter - Directly across the street is Jodipan or the rainbow village. They are not connected so you have to cross a very busy street. When you walk across put your hand out and the traffic will stop for you. - The villages were painted to revitalize the slum neighborhoods and bring in money through tourism! It worked and the people are incredibly friendly! - Drones are permitted! ???? ????Blue Village, Malang, Java, Indonesia ???? Visit WWW.THISWORLDTRAVELED.COM for more travel tips and stories to get you inspired to see the world!

A post shared by Marisa + Hamey | TRAVEL BLOG (@thisworldtraveled) on Oct 8, 2019 at 6:32am PDT

Bila kamu pernah mengetahui Santorini alias blue city di Yunani atau Chefchaouen di Maroko, maka Kota Malang punya Kampung Biru Arema.

Tempat wisata keluarga di Kota Malang ini berada di seberang Kampung Warna-warni Jodipan. Tiket masuknya Rp 3.000-an, ditambah parkir motor Rp 2.000-an.

Bukan hanya kampung yang diselimuti warna biru, di sini kamu dapat mengetahui sejarah Arema FC (klub sepak bola Malang) melalui display berisi tulisan dan logo Arema FC.

3. Kampung 3D

Kampung Tridi (3D) Kota MalangSHUTTERSTOCK Kampung Tridi (3D) Kota Malang

Masih ada lagi kampung tematik bernama Kampung 3D atau disebut Kampung Tridi.

Keliling area ini, kamu akan disambut mural di dinding maupun jalanan berbentuk 3D. Mulai dari sayap, gelas terbalik, sampai aliran sungai.

Tiket masuk Kampung Tridi Malang sekitar Rp 3.000-an per orang.

4. Alun-alun Kota Malang

Air Mancur di Alun-alun Kota MalangSHUTTERSTOCK Air Mancur di Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang juga dapat menjadi tujuan berwisata bersama keluarga. Masuk ke sini tak dipungut biaya.

Di sini kamu bisa bersantai di tempat duduk yang tersebar ke penjuru alun-alun. Ada pula arena bermain anak dan air mancur.

Penjual street food pun cukup banyak, sebut saja cilok, bakso, soto, dan es degan.

Di sekitar Alun-alun Kota malang terdapat beragam wisata seperti Masjid Jami’, GPIB Immanuel, Toko Oen, sampai Pasar Besar.

5. Taman Trunojoyo

Ada lagi tempat wisata keluarga gratis di Kota Malang, bernama Taman Trunojoyo.

Destinasi ini berada tepat di seberang Stasiun Kota Malang. Bila melihat patung singa, maka itulah letak Taman Trunojoyo.

Di dalamnya terdapat wahana bermain anak, seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan air mancur.

Fasilitas di sini ada tempat duduk di bawah pohon rindang dan kamar mandi. Di sekitarnya ada beberapa penjual kuliner street food.

6. Taman Balai Kota Malang

Taman Balai Kota MalangSHUTTERSTOCK Taman Balai Kota Malang

Tepat di depan Balai Kota Malang, terdapat taman yang menjadi tempat wisata keluarga. Cukup jalan kaki kurang lebih 5 menit.

Kamu bisa duduk bersantai, berfoto-foto, maupun makan bekal atau jajanan di sini.

Tempat ini dilengkapi kolam teratai yang di tengahnya terdapat Tugu Balai Kota Malang. Di sini ada juga lampu berbentuk unik dan taman bunga.

7. Hawai Waterpark

Sesuai dengan namanya, kamu dan keluarga dapat merasakan beragam wahana bernuansa air di Hawai Waterpark.

Seperti Waikiki Beach (kolam tsunami), Waimea Stream River (kolam arus), dan Hawai Water House (aneka permainan anak seperti ember air raksasa).

Tempat wisata keluarga di Malang ini buka setiap hari pukul 09.00-16.30. Tarif masuk Rp 75.000-an saat weekday dan Rp 110.000-an ketika weekend.

Hawai Waterpark berada di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Berbatasan langsung dengan Kota Malang, sekitar 10 menit berkendara dari Terminal Arjosari.

8. Malang Night Paradise

Masih dalam satu kawasan dengan Hawai Waterpark, kamu akan menemukan Malang Night Paradise yang beroperasi pukul 18.00-23.00 WIB.

Atraksi bertema lampu-lampu gemerlap dapat kamu nikmati, sebut saja Taman Lampion yang berisi Dancing Water Fountain sampai Lighting Tunnel.

Ada pula Taman Dinosaurus lengkap dengan replika hewan ini. Coba juga aneka permainan mulai dari Flying Car sampai Digging Site (bermain pasir menggunakan alat tertentu).

Atraksi menarik lainnya adalah Magic Journey, kamu diajak menyusuri sungai naik perahu. Untuk mengakses wahana satu ini harus merogoh kocek lagi Rp 30.000-an.

Tiket masuk ke Malang Night Paradise sekitar Rp 50.000-an untuk weekday (Senin-Kamis) dan Rp 65.000-an untuk weekend (Jumat-Minggu).

Tarif tersebut sudah termasuk mengakses semua wahana kecuali The Magic Journey dan Adventure Land.

9. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari, Lawang-MalangSHUTTERSTOCK Kebun Teh Wonosari, Lawang-Malang

Tempat wisata keluarga bernuansa alam dapat kamu temukan di Kebun Teh Wonosari atau disebut juga Kebun Teh Lawang.

Di sini kamu bisa menjelajahi kebun teh di atas jembatan kayu yang instagramable. Usai berkeliling, bisa juga mampir ke pusat oleh-oleh yang menjual beragam jenis teh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com