Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2020, 22:39 WIB

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur meluncurkan Calendar of Event 2020 pada Senin (27/1/2020). Tahun ini, Jawa Timur memiliki 445 acara budaya dan pariwisata yang menarik untuk disambangi.

Adapun 445 acara akan diselenggarakan di 38 Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto mengatakan peluncuran CoE bertujuan sebagai bentuk keseriusan Provinsi Jatim untuk mempromosikan pariwisata dan budaya.

"Tentunya agar wisatawan dapat mengetahui setiap event. Kedua, kita ingin para tur operator dapat memasukkan event wisata dalam paket wisatanya. Ketiga, seluruh media dpt membantu mempromosikan juga," kata Sinarto dalam acara yang diselenggarakan di Shangri-La Hotel Surabaya.

Baca juga: 9 Kuliner Pilihan di Jawa Timur yang Sejalur Tol Trans-Jawa

Acara-acara itu dibagi menjadi bentuk festival dan non festival. Untuk festival terdapat 113 even dan 332 non festival.

Kategori acara terdiri dari 40 acara olahraga, 31 acara musik, 33 acara kuliner, 60 tradisi atau keagamaan, dan 35 acara pameran.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan siap mendukung berbagai acara pariwisata dan budaya Jatim tahun ini.

Ia berharap agar kekayaan alam Jatim bisa lebih diperluas, salah satu caranya dengan pembangunan di ruas jalur selatan.

"Tadi pagi saya bersama presiden. Kami bicara soal jalur selatan, kalau itu betul-betul selesai akan sangat banyak pantai yang dapat diakses. Acara-acara olahraga juga akan terlaksana," katanya.

Jawa Timur juga memiliki tujuh acara yang masuk pada 110 National Calendar of Events 2020 di antaranya, Banyuwangi Ethno Carnival, Jember Fashion Carnaval, Jazz Gunung Bromo, Malang Flower Carnival, Grand Final Kerapan Sapi, Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu.

Baca juga: 25 Wisata Keluarga di Malang, Terbaru Ada Spot ala Korea di Taman Bunga

Masyarakat suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Upacara Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk ucapan syukur kepada Sang Hyang Widi sekaligus meminta berkah dan menjauhkan dari malapetaka.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Masyarakat suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Upacara Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk ucapan syukur kepada Sang Hyang Widi sekaligus meminta berkah dan menjauhkan dari malapetaka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+