Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Tahun Ini, Jawa Timur Siapkan 445 Acara Pariwisata Menarik

Kompas.com - 27/01/2020, 22:39 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur meluncurkan Calendar of Event 2020 pada Senin (27/1/2020). Tahun ini, Jawa Timur memiliki 445 acara budaya dan pariwisata yang menarik untuk disambangi.

Adapun 445 acara akan diselenggarakan di 38 Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto mengatakan peluncuran CoE bertujuan sebagai bentuk keseriusan Provinsi Jatim untuk mempromosikan pariwisata dan budaya.

"Tentunya agar wisatawan dapat mengetahui setiap event. Kedua, kita ingin para tur operator dapat memasukkan event wisata dalam paket wisatanya. Ketiga, seluruh media dpt membantu mempromosikan juga," kata Sinarto dalam acara yang diselenggarakan di Shangri-La Hotel Surabaya.

Baca juga: 9 Kuliner Pilihan di Jawa Timur yang Sejalur Tol Trans-Jawa

Acara-acara itu dibagi menjadi bentuk festival dan non festival. Untuk festival terdapat 113 even dan 332 non festival.

Kategori acara terdiri dari 40 acara olahraga, 31 acara musik, 33 acara kuliner, 60 tradisi atau keagamaan, dan 35 acara pameran.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan siap mendukung berbagai acara pariwisata dan budaya Jatim tahun ini.

Ia berharap agar kekayaan alam Jatim bisa lebih diperluas, salah satu caranya dengan pembangunan di ruas jalur selatan.

"Tadi pagi saya bersama presiden. Kami bicara soal jalur selatan, kalau itu betul-betul selesai akan sangat banyak pantai yang dapat diakses. Acara-acara olahraga juga akan terlaksana," katanya.

Jawa Timur juga memiliki tujuh acara yang masuk pada 110 National Calendar of Events 2020 di antaranya, Banyuwangi Ethno Carnival, Jember Fashion Carnaval, Jazz Gunung Bromo, Malang Flower Carnival, Grand Final Kerapan Sapi, Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu.

Baca juga: 25 Wisata Keluarga di Malang, Terbaru Ada Spot ala Korea di Taman Bunga

Masyarakat suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Upacara Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk ucapan syukur kepada Sang Hyang Widi sekaligus meminta berkah dan menjauhkan dari malapetaka.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Masyarakat suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Upacara Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk ucapan syukur kepada Sang Hyang Widi sekaligus meminta berkah dan menjauhkan dari malapetaka.

Acara berskala internasional juga akan hadir kembali di tahun ini. Sebanyak 12 acara tersebut di antaranya Majapahit Internasional Travel Fair (MITF), Festival Panji Internasional, Jember Fashion Carnaval (JFC), International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI).

Ada juga Jazz Gunung Bromo, Pasuruan Bromo Marathon, Surabaya Cross Culture, Sail to Indonesia in Bawean Island, Bojonegoro Thengul International Folklore Festival, Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), Yadnya Kasada dan Kelud Volcano Road Run.

Selain meluncurkan CoE Jawa Timur 2020, Disbudpar Jatim juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Angkasa Pura I tentang pelayanan informasi pariwisata di Bandara Juanda.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani yang turut hadir dalam acara mengaku takjub dengan 445 acara yang akan digelar di Jawa Timur.

"Artinya ada satu hari yg punya satu atau dua even. Dan yang membanggakan adalah Jatim juga masuk tujuh acara calendar even nasional 2020. Ini bisa jadi potensi luar biasa bagi wisatawan mancanegara," ujarnya.

Baca juga: Cara Menuju Gunung Bromo dari Jakarta dan Harga Tiket Wisata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com