Bagaimana Virus Corona Berdampak pada Pariwisata Sulawesi Utara?

Kompas.com - 29/01/2020, 07:20 WIB
Salah satu pantai di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Dok. Kementerian PariwisataSalah satu pantai di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com Sulawesi Utara merupakan salah satu destinasi favorit turis China di Indonesia. Tercatat, ada 116.150 turis China berkunjung ke Sulut pada tahun 2019.

Jumlah hingga ratusan ribu orang itu tak lepas karena adanya rute penerbangan yang tersedia dari Manado ke sejumlah kota di China, atau sebaliknya.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Semua Penerbangan Lion Air Rute China Dibatalkan Sementara Per Februari 2020

Lion Air adalah maskapai penerbangan yang punya rute tersebut. Tercatat ada delapan penerbangan rute Manado ke sejumlah kota di China seperti Shanghai, Guangzhou, Changsha, Tianjin, Xi'an, Nanjing, Fuzhou dan Hangzhou.

Namun, per Februari 2020, semua rute tersebut dibatalkan sementara karena virus corona. Bahkan, pembatalan tiga rute--Tianjin, Fuzhou dan Hangzhou mulai berlaku per Januari 2020.

Lalu, bagaimana dampak pariwisata Sulut terkait kondisi ini?

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Henry Kaitjily tak menampik adanya penurunan kunjungan turis China karena imbas dari virus corona.

Ditambah, baru-baru ini Pemerintah China melarang travel agent setempat menyelenggarakan grup tur ke luar negeri guna mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Dampak Virus Corona, China Larang Keberangkatan Grup Tur ke Luar Negeri

Namun, lanjut Henry, belum ada angka pasti berapa besar penurunan kunjungan turis China.

"Karena bisa saja, ketika sudah tidak ada imbauan, beberapa maskapai menambah rute penerbangan charter flight dari China ke Manado untuk mengejar ketinggalan jumlah itu," katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

Hingga saat ini, belum ada pembatalan kedatangan wisatawan China ke Sulut. Opsi yang dilakukan adalah penjadwalan ulang kunjungan hingga situasi kondusif.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X