Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidangan Laut Spesial di Bu Gandos Pacitan: Tahu Tuna hingga Sate Tuna

Kompas.com - 30/01/2020, 11:25 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

PACITAN, KOMPAS.com - Pacitan sohor dengan berbagai hal tentang laut, mulai dari pantai hingga kuliner. Hal ini tak lepas dari posisinya yang terletak di pesisir pantai selatan Jawa.

Khusus kuliner, kamu bisa menikmati sajian lezat dan segar masakan laut di sejumlah restoran jika tengah berada di Pacitan. Salah satu pilihannya adalah Warung Makan Sari Laut Bu Gandos.

Kompas.com berkunjung ke warung makan yang berada di Tamperan, Pacitan ini Selasa (28/1/2020) siang.

Baca juga: 6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Warung makan ini berdesain lesehan dengan pemandangan sungai dan pesisir laut. Siapa saja yang berkunjung akan melihat pemandangan orang tengah memancing dekat pantai Telengria.

Hidangan laut yang tersaji di sini di antaranya lobster, sate dan tahu tuna, urap, hingga gulai ikan.

Beragam hidangan di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos, Tamperan, Pacitan, Jawa Timur di antaranya lobster, gulai ikan, terong goreng, sate tuna, tahu tuna, hingga nasi tiwul.Nicholas Ryan Aditya Beragam hidangan di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos, Tamperan, Pacitan, Jawa Timur di antaranya lobster, gulai ikan, terong goreng, sate tuna, tahu tuna, hingga nasi tiwul.
Kami mencoba hidangan pertama yang dipilih--lobster. Saat kali pertama dicicip, lobster terasa memiliki tekstur keras di kulit, namun dagingnya lembut.

Kemudian ada pedas dan manis yang menyatu di dalam mulut.

Daging pada capit lobster juga sudah berwarna kecoklatan bercampur kecap, menambah selera siapa saja yang menyantapnya.

Teksturnya halus dan lembut, dijamin kamu pasti ketagihan menyantapnya.

Baca juga: Mengenal Bagian Tuna Sirip Biru, Ada yang Rp 1 Juta Per Potong

Usai makan lobster, kami lanjut hidangan kedua--sate tuna. Seperti halnya sate, hidangan satu ini berbentuk daging ikan tuna yang sudah dipotong menjadi tiga bagian dalam satu tusukan.

Sate tuna yang tengah dibakar atau dipanggang sebelum disajikan di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos, Tamperan, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).Nicholas Ryan Aditya Sate tuna yang tengah dibakar atau dipanggang sebelum disajikan di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos, Tamperan, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).
Perpaduan antara ikan segar dengan gurihnya bumbu cabai, bawang, kecap, dan berbagai rempah itu membuat lidah bergoyang. Dagingnya empuk dan bumbu-bumbunya meresap.

Tak hanya sate tuna, hidangan selanjutnya yang kami santap adalah tahu tuna. Seperti namanya, tahu satu ini berbahan dasar daging ikan tuna. 

Tekstur tahu tuna yang kenyal dan rasa gurih dari kulit tahu menjadi satu hidangan tak boleh dilewatkan oleh pengunjung. 

Baca juga: Alasan Tuna Sirip Biru Punya Harga Mahal

Gulai ikan di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos.Nicholas Ryan Aditya Gulai ikan di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos.
Sate tuna dan tahu tuna menjadi hidangan istimewa di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos. Hal ini tak lepas dari tuna yang menjadi salah satu hasil alam yang khas di Pacitan. 

Jika kamu pergi ke toko oleh-oleh Pacitan, maka akan menemukan berbagai olahan tuna seperti tahu tuna, otak-otak tuna, bakso tuna, nuget hingga pangsit tuna.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com