Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 2 Tips Menikmati Fasilitas Hotel Berbintang

Kompas.com - 31/01/2020, 15:40 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Setiap hotel berbintang memiliki fasilitas lengkap dan jajaran staf yang sigap membatu para tamu.

Saat menginap di hotel berbintang, kamu akan disodorkan berbagai fasilitas seperti mini bar, spa, gym, dan minuman di lounge.

Baca juga: Perhatikan, 3 Dokumen Penting Saat Check-in Hotel

Kompas.com berbincang dengan Astrin Christina Corporate Asst. Manager Operations System Santika Group untuk mengetahui tips dan fasilitas apa saja yang didapatkan jika menginap di hotel berbintang.

"Umumnya, hotel berbintang itu sama dengan hotel ber-budget. Check-in dan check-out-nya sama, tetapi kembali lagi, hotel berbintang lebih banyak fasilitas," jelas Astrin di Melawai, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Agar tidak terkejut melihat tagihan saat check-out dan kamu tetap bisa menikmati fasilitas dengan santai, berikut tips sederhana menginap di hotel berbintang :

1. Sering Bertanya

Ilustrasi spaShutterstock Ilustrasi spa
Ada pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Pepatah itu harus kamu pegang, termasuk saat menginap di hotel berbintang. Apalagi, hotel berbintang umumnya memiliki fasilitas banyak, namun tidak semua diberikan cuma-cuma.

Plus, beberapa fasilitas memiliki jam operasi masing-masing yang harus dipatuhi. Karena itu, kamu  bisa bertanya kepada staf untuk mendapat kejelasannya.

Baca juga: Uang Deposit Hotel untuk Apa? Ini Penjelasannya

"Misalnya kalau mau ke kolam renang, dilihat dulu dari jam berapa sampai jam berapa boleh berenang," kata Astrin.

Umumnya kolam renang tidak buka sampai malam karena petugasnya tidak lagi berjaga. Fasilitas spa dan gym pun demikian. Biasanya memiliki jam operasional berlaku.

Khusus spa, biasanya kamu harus membayar. Tamu biasanya disodorkan paket spa yang bervariasi dengan harga bermacam-macam.

Baca juga: Tips Memilih Hotel yang Nyaman dan Sesuai Budget

Sementara fasilitas gym, ada yang disediakan gratis, juga berbayar. Fasilitas gratis yang bisa dinikmati tamu adalah kolam renang.

Jika kamu sedang menikmati fasilitas gym atau kolam renang, jangan malu bertanya tambahan handuk. Hotel biasanya akan menyediakan tambahan handuk bagi tamu yang menggunakan dua fasilitas tersebut.

Kemudian, setiap kamar hotel berbintang biasanya memiliki mini bar. Kamu bisa mengambil beberapa mini bar yang bertuliskan compliment, sedangkan yang lainnya harus bayar. 

Harga dari snack atau minuman di mini bar biasanya tercantum. Jika tidak, maka bisa bertanya ke resepsionis.

Baca juga: Jangan Bingung, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Breakfast di Hotel

2. Memesan fasilitas jauh-jauh hari

Ilustrasi hotelDragonImages Ilustrasi hotel
Tamu yang ingin menambahkan fasilitas di dalam kamarnya sebaiknya meminta dari jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar hotel bisa menyiapkan segala fasilitas untuk kenyamanan tamu.

Pasalnya, perlu diingat, hotel berbintang biasanya tidak bisa memenuhi permintaan khusus tamu jika sifatnya mendadak.

Baca juga: Tips Pilih Hotel Saat Liburan, Salah Satunya dekat Tempat Wisata

"Seperti tamu datang waktu check-in minta smoking area, itu tidak bisa, karena saat pemesanan tidak dicamtumin permintaan khususnya," papar Astrin.

Setiap fasilitas yang sifatnya khusus dapat disampaikan ke pihak hotel saat tamu melakukan pemesanan kamar. Fasilitas tersebut bisa seperti tipe kasur yang diinginkan, tipe kamar, dan lain-lain sesuai kebutuhan tamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com