Itinerary Seharian di Salemba, Berburu Buku di Pasar Kenari dan ke Museum

Kompas.com - 31/01/2020, 20:02 WIB
Pasar Kenari tampak depan KOMPAS.com / Gabriella WijayaPasar Kenari tampak depan

JAKARTA, KOMPAS.com  - Berkunjung ke Salemba di Jakarta Pusat bisa menjadi pilihan, terutama jika kamu hobi membaca buku dan belajar sejarah. Itinerary wisata di Jakarta satu ini cocok bagi kamu.

Baca juga: Libur Akhir Pekan, Yuk Berburu Buku di Pasar Kenari Jakarta

Dalam sehari ini kamu bisa berbelanja buku murah dan mampir untuk melihat perjalanan karir politik dari sosok pahlawan Indonesia, Mohammad Hoesni Thamrin. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi makanan sekitar pasar. Berikut itinerary seharian di kawasan Pasar Kenari :

1. Berburu buku di Wisara Buku Pasar Kenari

Komik lawas di jual di wisata buku pasar kenariKompas.com / Gabriella Wijaya Komik lawas di jual di wisata buku pasar kenari

Pasar Buku Kenari diresmikan sejak April 2019. Ini adalah tempat yang nyaman untuk berburu buku. Banyak kios buku murah dan area baca disediakan bagi pengunjung. 

Di sini kamu bisa menemui buku jadul seperti, novel Trio Detektif, Wiro Sableng, dan majalah kuno keluaran tahun 1960-an sampai 1990.

Baca juga: Jalan-jalan ke Pasar Buku Kenari Bawa Uang Rp 100.000, Dapat Apa Saja?

Buku dari sastrawan ternama seperti Pramoedya Ananta Toer, Iwan Simatupang, dan masih banyak lainnya juga dijual di sini. Cocok bagi kamu yang mencari buku cetakan lama.

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi tergantung judul bukunya dan keluaran tahun berapa. Harganya dari Rp 5.000 - Rp 500.000.

Pasar Kenari sendiri terletak di Jalan Salemba Raya Nomor 2.  Lokasinya bersebelahan dengan Plaza Kenari. Pasar buku ini dibuka dari pukul 9.00-19.00 WIB.

Untuk sampai ke Wisata Buku Pasar Kenari kamu bisa masuk melakui pintu masuk Pasar Kenari di bagian depan dan langsung belok kiri menuju tangga. Kamu bisa langsung menaikinya ke lantai tiga. Atau bisa masuk melalui pintu samping, dengan naik eskalator ke lantai tiga.

Di dalam sentra buku tersebut terdapat 65 kios buku yang akan siap melayanimu saat mencari buku. Di dalamnya juga terdapat fasilitas seperti area baca, wifi gratis, pujasera, ruang laktasi atau menyusui dan masih banyak lagi.

2. Nongkrong di kafe Bencoolen Coffee

Suasana area baca di Kafe Boncoolen, sambil membaca bisa ngopi. Kopi berasal dari biji kopi BengkuluKompas.com / Gabriella Wijaya Suasana area baca di Kafe Boncoolen, sambil membaca bisa ngopi. Kopi berasal dari biji kopi Bengkulu

Setelah menemukan buku, kamu bisa langsung duduk santai sambil ngopi dan membaca bukumu. Kafe satu ini menghidangkan kopi dari biji kopi unggulan khas Bengkulu.

Baca juga: Mencoba Kopi Klepon, Kopi Doger, dan Kopi Madu di Kawisari Coffee & Eatery

Kopi yang ditawarkan ada kopi tubruk, kopi tubruk susu, espresoo, latte dan masih banyak lagi. Untuk harga sangat ramah di kantong, dengan cukup membayar Rp 5.000 kamu bisa menukmati secangkir kopi tubruk. Harga mulai Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Di kafe ini kamu bisa duduk santai di sofa, duduk di samping jendela kaca menikmati pemandangan Jalan Kramat. Selain membaca kamu juga bisa mengerjakan tugas atau pekerjaanmu di meja yang sudah terhubung dengan stop kontak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X