Wisatawan Indonesia Frustrasi Saat Merencanakan Perjalanan, Mengapa?

Kompas.com - 02/02/2020, 23:00 WIB
Ilustrasi Pesan Tiket Pesawat sebagai Bagian dari Rencana Perjalanan SHUTTERSTOCKIlustrasi Pesan Tiket Pesawat sebagai Bagian dari Rencana Perjalanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perencanaan perjalanan seharusnya dapat dijadikan sebagai sebuah kesenangan tersendiri.

Sebab, menentukan kota atau negara untuk berlibur dapat membuatmu membayangkan tempat wisata menyenangkan apa saja yang patut dikunjungi.

Akan tetapi, berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Travelport tahun 2019 menyatakan bahwa sebanyak 61 persen wisatawan Indonesia merasa frustrasi karena mereka tidak memahami penawaran dasar apa yang akan didapatkan. Baik saat sedang memesan tiket pesawat maupun hotel.

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Memesan Harga Tiket Pesawat Domestik dan Hotel Paling Murah

“Melalui harga yang ditawarkan, mereka tidak tahu apa yang akan didapatkan,” kata Regional Director APAC Operator Territories Travelport Gary Harford saat ditemui Kompas.com dalam acara presentasi data Global Digital Traveler Research (GDTR) 2019 oleh Travelport di The Hermitage, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, rincian mengenai jasa yang akan didapatkan merupakan hal paling mendasar yang harus diketahui pelanggan.

Apabila kamu diberikan harga tiket pesawat yang murah, tentu kamu ingin tahu apakah kamu akan mendapatkan bagasi, dapat memilih kursi pesawat, atau bahkan akan diberikan makanan gratis selama mengudara.

Harford mengatakan bahwa agen perjalanan yang kini kian marak di dunia maya harus dapat memberikan rincian tersebut.

Tidak hanya itu, mereka juga harus memberitahu kepada pelanggan apakah mereka dapat membeli jasa yang tidak tersedia melalui harga yang ditawarkan.

Sebab, berdasarkan survei tersebut, sebanyak 63 persen wisatawan Indonesia merasa frustrasi karena mereka tidak tahu penawaran tambahan apa saja yang tersedia dan berapa harga yang harus dibayar.

“Mereka (agen perjalanan online) juga harus beritahu berapa harga yang harus dibayar saat membeli jasa yang tidak termasuk dalam harga tiket tersebut,” tutur Harford.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X