Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tur Gratis di Jakarta, Keliling 5 Tempat Wisata Populer

Kompas.com - 03/02/2020, 14:00 WIB
Andra Prabasari,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika suka jalan-jalan dan ingin menghabisakan waktu senggang yang bermanfaat, kamu bisa berkeliling dengan bus tingkat wisata gratis di Jakarta.

Bus Tour yang melayani dari pagi sampai sore cocok bagi kamu yang sedang ingin mengelilingi Jakarta, salah satunya dengan Bus Tour City BW2.

Bus yang dipesan dari China ini sudah beroperasi sejak tahun 2014, dengan tujuan mengajak masyarakat dan wisatawan menjadikan transportasi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan dengan mengelilingi kota Jakarta secara gratis. 

Bus Tour ini menawarkan hingga tujuh rute perjalanan dengan tema yang berbeda yaitu BW2 yang mengenalkan Modern Jakarta terdapat bus-bus Tour destinasi History of Jakata (BW1), Art and Culinary (BW3), Jakarta Skyscrapers (BW4), Jakarta Open Space (BW5), Jakarta Heritage (BW6), dan Jakarta Shopping (BW7).

Salah satu petugas Bus Tour City Jakarta, Agus Hartomo mengatakan, bus wisata ini jika weekend tiba, pihak pengelola akan membatasi jumlah penumpang.

"Tiap weekend biasanya penumpang banyak, jadi Sabtu Minggu satu bus (satu rute) hanya dibatasi dengan 60 penumpang saja" kata Agus kepada Kompas.com.

Namun kamu tak perlu khawatir bila menjelang weekend tiba, karena pihak pengelola akan menyediakan Bus Tour City dengan jumlah 15 bus untuk tujuh rute tersebut.

Pihak pengelola menyediakan bus pada hari biasa menawarkan armada BW1''History of Jakarta", BW2 "Jakarta Modern", dan BW4 "Jakarta Skycrapers", namun jika weekend tiba seluruh aramada bus dikerahkan mulai dari dari BW1 sampai BW3 "Art and Culinary", BW5 ''Jakarta Open Space", BW6 ''Jakarta Heritage" BW7 "Jakarta Shopping".

Kali ini Kompas.com naik Bus Tour BW2 yang bertemakan “Jakarta Modern”, mengajak kamu berkeliling rute yang dimulai dari Juanda - Monas, – Balai Kota- Sarinah- Plaza Indonesia – Museum Nasional – Pacenongan – Pasar Baru – kembali ke Juanda atau Monas.

Baca juga: Itinerary 1 Hari Naik Bus Tingkat Wisata Rute History of Jakarta

Awalnya bus ini berangkat dari Monas, kemudian berhenti sebentar di tempat-tempat yang mempunyai tanda khusus, yaitu palang yang bertuliskan “City Tour”. Di sinilah kamu dapat menaiki bus yang siap mengantarkan ke tempat-tempat tersebut.

Kompas.com merangkum lima tempat yang bisa kamu nikmati dengan menggunakan Bus Tour BW2.

1. Monas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Monumen Nasional, abbreviated Monas is a symbol of the fight for INDONESIA.

A post shared by 2 Part Time Travellers (@2parttimetravellers) on Jan 26, 2020 at 9:49am PST


Siapa yang tak kenal dengan ikon kota Jakarta ini? Pasti semua warga Jakarta sudah tak asing dengan nama Monas. Tapi apakah kamu sebagai warga DKI sudah pernah masuk ke Monas?

Monas kini tampak lebih bersih dan nyaman, karena dahulu Monas merupakan tempat yang kawasan penjual tidak tertata rapi dan berbagai sampah masih bertebaran.

Tetapi seiring bertambahnya tahun, sekarang sudah tak tampak seperti itu, kini kawasan Monas sudah teratata dan berubah.

Monas tidak hanya tampak telihat sebuah monumen yang tinggi berdiri dan terdapat ukiran api berlapiskan emas saja, tetapi di dalamnya menyimpan sebuah sejarah Indonesia, tepatnya museum yang berada di dalam Monas.

Baca juga: Jalan-jalan ke Monas, Sudah Tahu 5 Fakta Ini?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com