Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mancur Trevi di Roma Akan Dipasang Pembatas

Kompas.com - 04/02/2020, 14:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pagar pembatas akan diletakkan di sekitar air mancur Trevi di Roma, Italia.

Melansir Telegraph, Senin (3/2/2020), Dewan Kota Roma telah menyetujui usulan akan peletakan pagar pembatas tersebut untuk melindungi air mancur Trevi.

Five Star Movement (M5S), sebuah partai politik Italia, mengusulkan pemasangan pagar pembatas tersebut. Usulan telah disahkan secara bulat pada Jumat (17/1/2020) lalu.

Usulan tersebut menyebutkan bahwa masyarakat tidak bisa duduk di sekitar air mancur Trevi.

“Harus ada rasa hormat yang ditunjukkan terhadap bagian simbolis dari Roma Capitale,” seperti yang tertulis dalam mosi pemasangan pagar pembatas di sekitar air mancur Trevi.

Air mancur Trevi telah lama dijadikan sebagai penarik perhatian wisatawan yang datang ke Roma, Italia. Akan tetapi, wisatawan yang berkunjung tidak semua memiliki perilaku yang baik.

Bahkan, pernah terjadi beberapa kasus wisatawan harus didenda karena mencoba untuk berenang di air mancur Trevi. Hal tersebut dilakukan untuk meniru sebuah adegan dalam film La Dolce Vita (1960).

Terkait pengenaan denda kepada wisatawan yang berkunjung, di tahun 2016 seorang wanita asal Britania Raya harus dikenakan denda sebesar 450 euro atau setara dengan Rp 6.915.712 karena melakukan upaya untuk berenang di air mancur kuno tersebut.

Melansir The Points Guy, pembatasan akan wisatawan yang melakukan tindakan buruk yang berkunjung ke Roma bukanlah sesuatu yang baru.

Pasalnya, di tahun 2018, Roma melarang wisatawan untuk minum di jalanan publik setelah pukul 22.00 waktu setempat.

Selain itu, bar juga dilarang untuk menyajikan alkohol mulai dari pukul 02.00 – 07.00 waktu setempat.

Lalu pada musim panas lalu, kota tersebut juga membuat beberapa peraturan yang membatasi wisatawan untuk menjelajahi pub (pub crawl). Mereka juga membatasi wisatawan untuk menarik dan mendorong koper besar di tangga.

Terkait air mancur Trevi, kepolisian setempat sebenarnya telah mencoba untuk mengimplementasikan pelarangan duduk di sekitar air mancur tersebut selama kurang lebih setahun lamanya.

Kini, pengimplementasian tampaknya sudah menjadi sebuah solusi permananen.

Walaupun terlihat seperti solusi yang menjanjikan dalam mengantisipasi perilaku buruk wisatawan, tetapi beberapa masyarakat lokal tampaknya tidak setuju akan hal tersebut.

“Memasang pagar pembatas terlihat seperti sebuah pelanggaran terhadap keindahan sebuah mahakarya,” tutur arsitek dan ahli sejarah Italia Paolo Portoghesi kepada Matador Network.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com