KILAS

Hadirkan Kemeriahan Budaya dan 2.500 Penari, Balikpapan Fest 2020 Bidik Rekor MURI

Kompas.com - 05/02/2020, 22:45 WIB
PERSIAPAN-Sesi Jumpa Pers yang dilakukan panitia pelaksana Balikpapan Fest 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Panpel Balikpapan FestPERSIAPAN-Sesi Jumpa Pers yang dilakukan panitia pelaksana Balikpapan Fest 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Tahun ini Kota Balikpapan akan memasuki usia ke-123. Sebagai puncak perayaannya perhelatan akbar Balikpapan Fest 2020 digelar sepanjang periode 5-16 Februari 2020. Melalui rangkaian acaranya yang meriah Balikpapan Fest 2020 membidik rekor MURI

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan Balikpapan Fest 2020 akan menjadi rangkaian acara yang luar biasa untuk diikuti oleh para wisatawan. Ini karena di Balikpapan Fest 2020 semua kekayaan Balikpapan dihadirkan dan dikemas dengan menarik.

"Ini akan menjadi pesta akbar untuk budaya dan ekonomi kreatif di Balikpapan. Terlebih, semua elemen masyarakatnya yang kreatif dan produktif ikut terlibat," ujar Rizal Effendi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Festival budaya dan ekonomi kreatif ini diawali dengan opening ceremony yang diselenggarakan Kamis, (6/2/2020) di Balikpapan Tennis Stadium. 

Pada acara pembukaan yang bertajuk "The Age of Collaboration" tersebut wisatawan dijamu dengan pertunjukkan musik, tari-tarian, fashion show, hingga kuliner Balikpapan yang kaya. Selain itu masih ada juga karnaval, festival film, pertunjukkan orkestra, dan cerita rakyat. 

Baca juga: Kemenparekraf yakin Festival Cap Go Meh Singkawang Datangkan Wisatawan

Kemeriahan Balikpapan Fest 2020 kemudian dilanjutkan dengan Balikpapan Menari yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian festival. Sebanyak 2.500 penari akan hadir menyuguhkan tari-tarian dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Balikpapan Menari pun akan menampilkan keindahan kostum-kostum unik, pesta rakyat, festival band, artis tanah air pada malam harinya.

"Kami selalu fokus pada beragam kearifan lokal di Balikpapan dan acara Balikpapan Menari menjadi salah satu upaya pelestarian seni dan budaya lokal. Seluruh warga dilibatkan, terutama generasi milenial yang merupakan generasi penerus," lanjut Rizal.

Balikpapan Fest 2020 pun semakin atraktif dengan pagelaran Balikpapan Fashion Carnival yang dipastikan akan menyedot 50.000 pengunjung.

Fashion show kolosal tersebut akan menampilkan suasana karnaval, pertunjukkan budaya, dan kostum tematik. Demi mendukung penyelenggaraannya pada 15 Februari 2020 mendatang, disediakan runway sepanjang 2 kilometer. 

Baca juga: POPULER TRAVEL: Itinerary Derawan dan Festival Buah Lokal di Pontianak

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X