Pasca Brexit, Inggris Ganti Warna Paspor?

Kompas.com - 06/02/2020, 15:00 WIB
Sebuah paspor Inggris biru lama dan paspor Uni Eropa. Paspor Inggris akan berubah setelah meninggalkan Uni Eropa. SHUTTERSTOCK/JAX10289Sebuah paspor Inggris biru lama dan paspor Uni Eropa. Paspor Inggris akan berubah setelah meninggalkan Uni Eropa.

JAKARTA, KOMPAS.com- Dilasir dari artikel The Sun kini paspor lama Inggris diterbitkan kembali, setelah keluar dari Uni Eropa.

Pada tanggal 31 Januari 2020 Inggris resmi telah mengundurkan diri dari Uni Eropa, lalu peristiwa ini disebut dengan Brexit yang berdampak pada warna model paspor Inggris.

Paspor yang berwarna merah keunguan (burgundy) Uni Eropa ini, akan kembali digantikan dengan desain berwarna biru yang pernah diberlakukan pada tahun 1998.

Apakah paspor biru akan kembali setelah Brexit?

Desain paspor biru yang baru akan diberlakukan bertahap dalam beberapa bulan setelah peristiwa Brexit dan tidak dikenakan negosiasi pasca-Brexit yang sedang berlangsung.

Baca juga: Paspor Nigeria Turun Peringkat Paling Banyak Selama 10 Tahun Terakhir

Jika warga memperbarui paspor selama periode awal ini, mungkin diberikan paspor Inggris berwarna biru atau warna merah keunguan. Keduanya sama-sama valid untuk perjalanan.

Setelah Brexit terlaksana pada 31 Januari, Inggris akan memasuki periode transisi dari 1 Februari 2020 hingga 1 Januari 2021, selama periode ini, Inggris akan tetap tunduk pada hukum Uni Eropa.

Kapan pembuatan paspor biru baru?

Ilustrasi paspor Inggris berwarna biru SHUTTERSTOCK/INK DROP Ilustrasi paspor Inggris berwarna biru

Menurut Gov.co.uk, desain paspor biru baru akan dibuat secara bertahap dari awal 2020 selama beberapa bulan. Pada pertengahan 2020, semua paspor Inggris baru akan berwarna biru.

Jika Anda memperbarui paspor selama periode awal ini, Anda mungkin diberikan paspor Inggris berwarna biru atau merah keunguan.

Baca juga: Milenial Inggris Tidak Suka Sarapan Klasik Khas Inggris, Ini Alasannya

Namun pemohon paspor ini tidak dapat memilih di antara kedua warna tersebut. Kedua warna paspor akan sama-sama berlaku untuk perjalanan.

Halaman:


Sumber The Sun
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X