Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Brexit, Inggris Ganti Warna Paspor?

Kompas.com - 06/02/2020, 15:00 WIB
Andra Prabasari,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber The Sun

JAKARTA, KOMPAS.com- Dilasir dari artikel The Sun kini paspor lama Inggris diterbitkan kembali, setelah keluar dari Uni Eropa.

Pada tanggal 31 Januari 2020 Inggris resmi telah mengundurkan diri dari Uni Eropa, lalu peristiwa ini disebut dengan Brexit yang berdampak pada warna model paspor Inggris.

Paspor yang berwarna merah keunguan (burgundy) Uni Eropa ini, akan kembali digantikan dengan desain berwarna biru yang pernah diberlakukan pada tahun 1998.

Apakah paspor biru akan kembali setelah Brexit?

Desain paspor biru yang baru akan diberlakukan bertahap dalam beberapa bulan setelah peristiwa Brexit dan tidak dikenakan negosiasi pasca-Brexit yang sedang berlangsung.

Baca juga: Paspor Nigeria Turun Peringkat Paling Banyak Selama 10 Tahun Terakhir

Jika warga memperbarui paspor selama periode awal ini, mungkin diberikan paspor Inggris berwarna biru atau warna merah keunguan. Keduanya sama-sama valid untuk perjalanan.

Setelah Brexit terlaksana pada 31 Januari, Inggris akan memasuki periode transisi dari 1 Februari 2020 hingga 1 Januari 2021, selama periode ini, Inggris akan tetap tunduk pada hukum Uni Eropa.

Kapan pembuatan paspor biru baru?

Ilustrasi paspor Inggris berwarna biru SHUTTERSTOCK/INK DROP Ilustrasi paspor Inggris berwarna biru

Menurut Gov.co.uk, desain paspor biru baru akan dibuat secara bertahap dari awal 2020 selama beberapa bulan. Pada pertengahan 2020, semua paspor Inggris baru akan berwarna biru.

Jika Anda memperbarui paspor selama periode awal ini, Anda mungkin diberikan paspor Inggris berwarna biru atau merah keunguan.

Baca juga: Milenial Inggris Tidak Suka Sarapan Klasik Khas Inggris, Ini Alasannya

Namun pemohon paspor ini tidak dapat memilih di antara kedua warna tersebut. Kedua warna paspor akan sama-sama berlaku untuk perjalanan.

Siapa yang merancang paspor biru baru dan di mana akan dibuat?

Perusahaan Inggris De La Rue tidak akan lagi memproduksi paspor Inggris. Namun akan diserahkan kepada perusahaan Prancis Gemalto.

De La Rue merupakan perusahaan yang memproduksi paspor pertama untuk Inggris pada tahun 1915.

Perubahan paspor Inggris dari waktu ke waktu?

Paspor merah Inggris saat bersama Uni Eropa SHUTTERSTOCK/SAMJONAH Paspor merah Inggris saat bersama Uni Eropa

Paspor paling awal dikeluarkan di bawah pemerintahan Henry V pada 1414, tetapi baru pada tahun 1915 paspor Inggris gaya modern pertama dikeluarkan.

Saat paspor ini pertama kalinya dibuat, paspor ini hanya berbentuk selembaran kertas yang dilipat dengan mengguanakan cover yang terbuat dari bahan kardus, dengan terdapat foto pemilik dan tanda tangan.

Baca juga: Cara Dapatkan Informasi Paspor Melalui WhatsApp

Paspor biru pertama dalam format buku diterbitkan pada tahun 1921, memiliki 32 halaman dan ditulis dalam bahasa Prancis.

Pada tahun 1988, paspor berwarna burgundy pertama yang dapat dibaca mesin dikeluarkan di Inggris mengikuti format umum yang diperkenalkan oleh Masyarakat Ekonomi Eropa.

Kemudian pada tahun 1998 paspor digital UK pertama diperkenalkan yang mencakup gambar digital dari foto dan tanda tangan.

Pada 2006, paspor biometrik pertama dikeluarkan dengan chip elektronik yang menampilkan data pemegang. Dan pada 2008 E-Passport pertama kali diperkenalkan di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com