Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2020, 19:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski koper cenderung identik dengan pelancong, tetapi koper juga kerap digunakan oleh mereka yang melakukan perjalanan bisnis. 

Lantas, bagaimana perbedaan antara koper untuk jalan-jalan dan koper untuk perjalanan bisnis?

"Bahan antara koper untuk travel atau bisnis tidak ada bedanya. Lebih ke ukuran," kata Brand Manager Kipling Indonesia Sara Batubara saat ditemui Kompas.com pada peluncuran koleksi terbaru koper hard case Kipling di mal Kota Kasablanka, Rabu (5/2/2020).

Untuk koper jalan-jalan, Sara mengatakan bahwa pelancong biasanya akan menggunakan koper berukuran kecil untuk mempermudah mereka membawanya saat sedang berada di kabin pesawat.

Baca juga: Wrapping Koper di Bandara, Perlukah?

Menurut dia, pelancong yang menggunakan koper ukuran tersebut cenderung hanya akan melakukan perjalanan selama dua hingga tiga hari lamanya. Entah itu bepergian ke luar kota atau ke luar negeri.

"Kecuali kalau traveling panjang (periode waktunya), maka pilihan kopernya yang besar," tutur Sara.

Terkait jenis koper, ternyata keduanya juga memiliki perbedaan. Banyak pelancong lebih menyukai koper hard case atau berbahan keras karena lebih ringan dan bisa memuat banyak pakaian dan barang, para pelaku perjalanan bisnis cenderung menyukai koper soft case atau berbahan lembut.

Sara mengatakan bahwa koper soft case memiliki lebih banyak ruang kecil yang dapat dimanfaatkan dibandingkan koper hard case.

“Kompartemen yang ada biasanya di dalam koper bahan soft case ada ruang untuk menyelipkan dokumen atau hal-hal lain,” kata Sara.

Baca juga: Tas Anda Boleh Masuk Kabin Pesawat, Asal...

Meski koper hard case juga memiliki kompartemen, tetapi koper jenis tersebut terkadang hanya memiliki beberapa retsleting ruang tambahan.

Koper hard case cenderung lebih memanfaatkan fungsi koper yang dapat memperluas ruangan (expandable) agar barang yang dimuat cukup banyak.

“(Ada ruang di dalam koper hard case) tapi tidak sebanyak koper soft case ruangnya,” kata Sara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+