Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta, Pernah Coba?

Kompas.com - 07/02/2020, 09:55 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa membuat wisatawan lupa akan waktu. Pasalnya, Yogyakarta punya beragam tempat wisata yang tersedia, mulai dari pagi hingga malam hari.

Viralnya aksi klitih di beberapa bagian DIY membuat wisatawan untuk sementara waktu menghindari daerah-daerah yang sepi dan pergi di malam hari.

Namun, jika tetap ingin berwisata malam hari disarankan untuk pergi di sekitaran pusat Kota Yogyakarta.

Baca juga: Viral Aksi Klitih, Yogyakarta Masih Aman untuk Wisatawan

Pemilik biro perjalanan wisata PT. Jogja Geowisata Utama, Widodo Nugroho menyarankan kepada wisatawan yang ingin berwisata malam hari sebaiknya di tempat-tempat yang ramai.

"Tentunya 24 jam hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan, misalnya di kawasan Jalan Malioboro dan sekitarnya," kata Widodo ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (6/2/2020).

Namun, wisatawan tetap disarankan agar menyimpan kontak pihak kepolisian yang ada di seluruh polsek Provinsi DIY agar perjalanan wisata aman dan nyaman.

Selama perjalanan wisata malam hari, kamu juga perlu ditemani pemandu wisata atau teman lebih dari satu orang.

Baca juga: Tips untuk Wisatawan agar Terhindar dari Klitih Saat di Yogyakarta

Berikut wisata malam hari di Kota Yogyakarta yang berhasil Kompas.com rangkum:

Warga melewati pergantian tahun di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (31/12/2017). Wahyu Adityo Warga melewati pergantian tahun di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (31/12/2017).

1. Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta

Kawasan Malioboro yang terletak di jantung Kota Yogyakarta menjadi salah satu tempat wajib dikunjungi jika sedang di kota ini. Kawasan sepanjang kurang lebih satu kilometer ini dapat menjadi alternatif utama wisata malam hari.

Selain karena tempatnya yang selalu ramai hingga larut malam, Malioboro juga memiliki tempat-tempat -tempat untuk santai atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana gemerlap kota.

Kawasan Malioboro juga mempunyai kedai kopi atau lesehan yang buka pada malam hari.

Baca juga: Geblek Pari di Yogyakarta, Restoran Tradisional Tepi Sawah

Biasanya di sisi kiri dan kanan Jalan Malioboro diisi oleh pedagang yang berjualan di siang hari, namun ketika malam akan berganti dengan warung-warung lesehan.

Jika kamu ingin ke sini, maka bisa memarkirkan kendaraan di Taman Parkir Abu Bakar Ali (TPABA) yang berada tepat sebelum Jalan Malioboro di sisi sebelah kanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hai Sahabat Museum! Sudah nonton wayang belum bulan ini? Nah di Museum Sonobudoyo mengadakan pagelaran wayang setiap hari, dan disetiap hari dalam satu minggu memiliki tema dan “lakon cerita” yang berbeda. FYI aja nih, untuk nanti malam pagelaran wayang bercerita tentang ANGGADA MISSION atau Misi dari Anggada. Pengen tau bagaimana ceritanya? Datang dan saksikan ya! Jangan khawatir akan bahasa yang digunakan pengunjung nanti akan mendapatkan buku panduan tentang cerita yang sedang dimainkan. Tiket : Rp 20.000/orang (Domestik-Mancanegara) Jam : 20.00 – 22.00 Lokasi : Pendhapa Timur Museum Sonobudoyo #sonobudoyo #eventsonobudoyo #ayokemuseumsonobudoyo #infosonobudoyo

A post shared by Museum Sonobudoyo (@sonobudoyo) on Jul 18, 2019 at 3:30am PDT

2. Museum Sonobudoyo

Selain Malioboro, kamu juga bisa menikmati wisata malam hari dengan mengunjungi Museum Sonobudoyo.

Letaknya yang berada di pusat kota dan berada di kawasan 0 Kilometer Yogyakarta membuatnya selalu ramai oleh wisatawan pagi hingga malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com