Kompas.com - 07/02/2020, 10:20 WIB
Koper hard case Kipling yang merupakan koleksi terbaru untuk Spring/Summer 2020. Koper berwarna cerah ini dapat membuatmu lebih mudah mencarinya saat berada di kabin, Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (5/2/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianKoper hard case Kipling yang merupakan koleksi terbaru untuk Spring/Summer 2020. Koper berwarna cerah ini dapat membuatmu lebih mudah mencarinya saat berada di kabin, Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang menganggap setiap koper memiliki bentuk dan bahan sama. Karena itu, mereka mungkin akan mengira perawatan dari setiap koper pun sama.

Padahal, perawatan koper berbeda-beda, baik hard case atau soft case. Lantas bagaimana merawat koperhard case?

"Lap saja pakai lap basah. Tidak disarankan menggunakan sabun,” kata Brand Manager Kipling Indonesia Sara Batubara saat ditemui Kompas.com di di Kota Kasablanka, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Koper Hard Case Lebih Baik Diisi Banyak Barang, Mengapa?

Selanjutnya untuk roda, sebaiknya disolatip agar tidak kotor. Menurut Sara, biasanya beberapa toko yang memang khusus menjual koper akan menawarkan jasa pemasangan solatip pada roda.

Jika tidak, kamu bisa bertanya kepada penjualnya untuk dipasangi solatip khusus roda koper.

Hal terpenting dalam merawat koper hard case, terlebih lagi koper yang memiliki beban bersih ringan, adalah dengan tidak membantingnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Koper untuk Bisnis dan Jalan-jalan, Apa Bedanya?

Menurut Sara, terkadang beberapa pelancong yang memiliki koper ringan merasa terlalu senang saat menggunakannya, sehingga lupa kalau koper tersebut juga memiliki titik ringkih sendiri, serupa dengan koper berat.

Mereka juga cenderung tidak berhati-hati dalam menggunakannya, sehingga koper mudah rusak dan akan terlihat seperti tidak terawat.

"Jangan dibanting-banting. Penggunaannya biasa saja," tutur Sara.

Baca juga: Wrapping Koper di Bandara, Perlukah?

Terkait peluncuran koper hard case terbaru Kipling, Sara mengatakan, koper tersebut memang ditujukan kepada para pelancong sehingga mereka memiliki beban yang cukup ringan.

Untuk beban bersih ukuran koper terbesar yang dimiliki adalah 2,8 kilogram. Sementara beban bersih koper ukuran kecil adalah 2 kilogram.

Untuk kapasitas sendiri, ukuran koper hard case Kipling versi besar tidak memiliki batas maksimal.

Baca juga: Tips Mengisi Informasi di Label Bagasi Koper

"Paling sekitar kurang lebih 20 kilogram ya. Berat itu normalnya berat yang kami sarankan. Kalau lebih dari 20 kilogram tidak kami sarankan, sekalipun untuk kapasitas koper besar kami," kata Sara.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.